Hidangan Malam Tahun Baru, Yuk Olah Dada Ayam Pakai 4 Cara Ini Biar Lebih Lezat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 31 Desember 2020 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 31 298 2336789 hidangan-malam-tahun-baru-yuk-olah-dada-ayam-pakai-4-cara-ini-biar-lebih-lezat-ks7ROdavSI.jpg Olahan dada ayam cocok jadi hidangan di malam tahun baru. (Foto: Finecooking)

DAGING dada ayam menjadi salah satu bahan makanan yang paling sering diolah menjadi hidangan malam tahun baru. Selain rasanya lezat, dada ayam memang dapat dikreasikan menjadi berbagai hidangan.

Nah, pada momen Tahun Baru 2021 ini banyak orang membuat olahan barbeque untuk memeriahkan suasana. Daging dada ayam seringkali menjadi opsi utama.

Baca juga: 5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan saat Tahun Baru di Rumah Saja 

Namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam mengolah daging dada ayam. Ini supaya rasa yang dihasilkan lebih lezat dan sempurna.

Ada beberapa trik khusus untuk membuat citarasanya enggak kalah lezat dengan sajian di restoran berbintang lima. Ya, memasak dada ayam bisa dibilang susah-susah gampang.

Daging dada ayam.

Jika terlalu matang, tekstur daging akan kehilangan sensasi juicy-nya. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar harus teliti ketika mengolahnya, termasuk memperkirakan ketebalan daging dan teknik memasak yang digunakan. Keduanya akan menentukan hasil akhir.

Sejumlah chef profesional sepakat bahwa cara paling ampuh untuk menentukan berapa lama dada ayam harus dimasak, yakni menggunakan termometer daging. Tujuannya agar daging dimasak dengan suhu yang tepat.

Baca juga: Resep Sate Ayam Korea untuk Sambut Malam Tahun Baru ala Kimbab Family 

Bila Anda memasak dada ayam dengan suhu 71 derajat Celsius, tiriskanlah daging sekira 5 menit sebelum menyajikannya. Suhu inilah yang direkomedasikan oleh FDA karena kondisi daging tidak terlalu matang.

Nah, jika Anda tidak memilik termometer daging di rumah, ada beberapa panduan umum untuk memasak dada ayam yang bisa dicoba. Berikut ulasan lengkapnya, seperti Okezone rangkum dari The Daily Meal, Kamis (31/12/2020).

1. Panggangan

Bila Anda hendak mengolah daging ayam menggunakan panggangan atau alat barbeque, pastikan daging ayam terkena suhu panas langsung (direct heat) selama 6–8 menit. Sementara untuk proses pemanggangan yang dilakukan secara indirect heat, pastikan daging dipanggang 10–12 menit di setiap sisinya.

2. Oven

Banyak orang yang mengolah daging ayam menggunakan oven karena sangat praktis dan lebih mudah mengatur suhunya. Bila Anda memilih teknik ini, pastikan daging ayam dipanggang dalam suhu 190 derajat Celsius selama 20–30 menit.

Baca juga: Kejar Target Akhir Tahun, Hati-Hati Malah Burnout 

3. Kompor

Tidak punya oven atau alat barbeque di rumah? Tidak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan pemanas kompor di dapur. Caranya pun sangat sederhana, Anda hanya perlu menumis daging ayam dengan api besar selama kurang lebih 2 menit, atau 4–6 menit per sisi dengan api sedang/rendah.

4. Menggoreng

Teknik inilah yang paling umum dan sering digunakan oleh sebagian besar orang. Namun perlu Anda ingat, untuk mendapatkan tekstur daging yang juicy, lembut, dan matang sempurna, Anda bisa menggoreng daging ayam dalam minyak banyak selama 8–12 menit. Suhunya bisa diatur antara 176–185 derajat Celsius. Selamat mencoba!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini