Share

5 Resolusi Tahun Baru untuk Kesehatan Otak, Penting Diterapkan Lho

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Kamis 31 Desember 2020 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 31 481 2336900 5-resolusi-tahun-baru-untuk-kesehatan-otak-penting-diterapkan-lho-0LzIoqvics.jpg Ilustrasi kesehatan otak. (Foto: Shutterstock)

BANYAK orang menerapkan resolusi Tahun Baru 2021 untuk kesehatan tubuh mereka, seperti makan sehat, olahraga, dan menurunkan berat badan. Ada juga yang menjadi penting untuk ditingkatkan, yakni kesehatan otak.

Meningkatkan kesehatan otak bisa menambah konseterasi dan ingatan. Kemudian dapat menurunkan risiko penyakit alzheimer dan demensia. Lalu yang tidak kalah penting, meningkatkan kesehatan mental dengan mengurangi stres dan menumbuhkan perasaan bahagia sebagai penangkal depresi.

Baca juga: Bangun Tidur Suka Pusing? Awas, Bisa Jadi Demensia 

Dalam studi tahun 2015 di The Lancet, para peneliti menemukan intervensi seperti diet, olahraga, dan pelatihan otak benar-benar dapat memperlambat penurunan kognitif.

Nah, Tahun Baru 2021 ini resolusikan untuk meningkatkan kesehatan otak Anda dengan teknik-teknik tertentu. Apa saja? Berikut ini caranya, seperti dilansir The Healthy.

1. Ikut latihan senam

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga tampaknya meningkatkan fungsi kognitif. Salah satu ulasan pada 2018 menunjukkan latihan senam secara khusus berhubungan dengan peningkatan fungsi otak pada orang dewasa yang berisiko atau didiagnosis dengan penyakit alzheimer.

"Latihan senam telah ditunjukkan dalam berbagai penelitian sebagai salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan otak," kata Andrew E Budson MD, profesor neurologi di Universitas Boston.

"Latihan senam melepaskan faktor pertumbuhan di otak yang sebenarnya membantu menumbuhkan sel-sel otak baru. Dalam satu penelitian di NeuroImage terhadap orangtua berusia 55–80 tahun, olahraga meningkatkan ukuran hipokampus (wilayah otak yang penting untuk ingatan) hanya dalam enam bulan. Lalu peningkatan ukuran berkorelasi langsung dengan peningkatan kebugaran peserta, dan dengan peningkatan kinerja ingatan mereka," ungkapnya.

Ilustrasi otak. (Foto: Freepik)

2. Perbanyak jalan

Douglas Scharre MD, direktur divisi neurologi kognitif di The Ohio State University Wexner Medical Center, mengatakan latihan atau aktivitas fisik apa pun sangat bermanfaat bagi kesehatan otak.

"Latihan fisik mengaktifkan banyak area otak dengan proses perencanaan, mencari tahu kapan harus berhenti atau memperlambat atau istirahat, mengetahui Anda perlu mengubah apa yang Anda lakukan karena rasa sakit atau ketidaknyamanan, atau hanya kehabisan napas. Otak juga mengontrol dan memberi tahu otot kapan harus bergerak dan bagaimana cara bergerak. Jadi aktivitas fisik adalah aktivitas otak yang luar biasa," ucapnya.

"Berjalan-jalan atau keluar ke alam memiliki manfaat tambahan untuk membantu kita beristirahat dari rutinitas sibuk kita dan mengisi ulang otak kita," kata Stacy Vernon MS LPC NCC, dokter di Center for BrainHealth di Universitas Texas di Dallas.

Jadi, biasakan melakukan jalan di tempat-tempat hijau banyak pepohonan yang sejuk.

Baca juga: Hobi Baca Buku Pertajam Daya Ingat Otak, Ini Buktinya! 

3. Makan lebih sehat

Meningkatkan kesehatan otak dapat membuat ingatan menjadi lebih kuat dan membuat Anda pintar.

"Otak Anda membutuhkan makanan yang seimbang karena otak harus memiliki vitamin agar berfungsi dengan baik," kata dr Scharre.

"Pola makan nabati, seperti pola makan Mediterania, yang mencakup makanan laut, buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan, makanan laut, dan beberapa minyak sehat, menyediakan nutrisi yang sangat dibutuhkan otak Anda," kata Joan Salge Blake EdD RDN LDN, profesor nutrisi di Universitas Boston.

4. Singkirkan gula dan lemak

Makan lebih sehat, berarti Anda perlu mengurangi bahan-bahan makanan yang tak bermanfaat bagi otak.

"Mengurangi daging merah, lemak jenuh, dan gula olahan lebih baik untuk otak. Banyak dari makanan ini menyebabkan peningkatan kolesterol dan diabetes (tipe 2) yang dapat memengaruhi kesehatan otak," kata dr Scharre.

Sementara kata dr Rocks mengatakan tingginya lemak dan gula dalam minuman ringan, permen, sereal olahan, roti putih menyebabkan obesitas, kontrol insulin yang buruk, diabetes tipe 2, dan peradangan pada kesehatan mental dan kognitif yang buruk.

Baca juga: Penelitian Terbaru: Turun Gaji Bisa Bikin Otak Lemot! 

5. Tidur lebih baik

Di tahun baru ini jadikan tidak Anda lebih nyenyak dan berkualitas karena ini berpengaruh pada kinerja otak.

"Setidaknya ada tiga alasan mengapa tidur penting untuk memori dan kesehatan otak, yaitu pertama jika Anda lelah maka Anda tidak akan dapat memerhatikan dengan baik, dan jika Anda tidak dapat memperhatikan Anda tidak akan dapat mempelajari informasi baru dengan benar," kata dr Budson.

Kedua, ingatan pertama-tama disimpan di hipokampus dan saat kita tidur ingatan itu ditransfer ke bagian lain otak untuk disimpan secara permanen. Jika kita tidak bisa tidur nyenyak, maka proses transfer ini atau sering disebut konsolidasi, tidak dapat terjadi, dan kita tidak dapat mengingat kenangan kita seumur hidup.

"Ketiga, pada siang hari kita semua membuat sedikit beta amiloid atau protein yang terakumulasi dalam penyakit alzheimer dan dapat menyebabkan plak. Tetapi ketika kita tidur setiap malam, amiloid dibersihkan. Kita membutuhkan tidur nyenyak agar proses ini dapat berlansung," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini