Berencana Barbeque-an di Rumah? Yuk Simak Tipsnya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 31 Desember 2020 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 31 612 2336895 berencana-barbeque-an-di-rumah-yuk-simak-tipsnya-nEi25jJtjQ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEJAK pandemi Covid-19 melanda Indonesia, tak sedikit orang membatasi mobilitas mereka guna mencegah penyebaran virus corona. Termasuk pada momen liburan Tahun Baru.

Apalagi, setelah pemerintah telah mengeluarkan kebijakan yang sangat ketat dengan menutup sejumlah objek wisata dan pusat keramaian guna mencegah terjadinya kerumunan massa. Alhasil, satu-satunya cara untuk menikmati momen tahun baru adalah dengan merayakannya di rumah.

Tak perlu khawatir, Anda tetap bisa memeriahkan suasana dengan menggelar acara kecil-kecilan. Misalnya membuat pesta barbeque bersama keluarga terdekat.

Nah, sebelum Anda mengadakan pesta barberque di rumah, yuk simak tips ampuh membuat barberque lezat dari Chef Stefu Santoso. Berikut ulasannya.

Proses marinasinya harus merata

Menurut Stefu, berbagai bahan baku masakan dapat digunakan untuk membuat barberque yang lezat seperti, ikan, daging, sosis, ayam, hingga sayur-sayuran. Tetapi, kuncinya terletak pada proses marinasi.

“Sekarang sudah banyak yang menjual bumbu barberque jadi tidak perlu repot-repot lagi menghaluskan rempah-rempah. Fokus saja pada proses marinasinya karena harus dilakukan dengan tepat dan merata,” tutur Stefu saat dihubungi Okezone via telepon.

bbq

Panggang pada suhu yang tepat

Elemen penting berikutnya yang harus diperhatikan saat membuat barberque adalah proses pemanggangan. Memanggang bahan-bahan barberque ternyata tidak sembarangan, ada trik khusus untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

“Karena api yang Anda gunakan tidak boleh terlalu besar, jadi sebelum memanggang daging pastikan besi grill Anda benar-benar panas. Agar tekstur daging matang secara merata,” ujar Stefu.

Jangan terlalu banyak mengoleskan minyak dan mentega

Salah satu kesalahan fatal yang sering dilakukan kebanyakan orang saat memanggang barberque yaitu, mengoleskan minyak dan mentega terlalu banyak karena takut lengket dengan besi panggangan.

“Tetesan minyak dan mentega yang dioleskan terlalu banyak bisa membuat api bertambah besar. Jadi jangan heran jika banyak daging atau jagung yang gosong saat di panggang,” tutupnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini