Selamat Tahun Baru! Ini 4 Tips Sebelum Buat Resolusi 2021

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 01 Januari 2021 08:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 31 612 2337013 selamat-tahun-baru-ini-4-tips-sebelum-buat-resolusi-2021-Fv7f6Yq4Mh.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TENTUNYA banyak orang menyambut tahun baru dengan resolusi di berbagai aspek, mulai dari kesehatan, karier hingga percintaan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Melewati tahun 2020 dengan kondisi yang tidak disangka dan belum pernah terjadi sebelumnya, banyak orang yang menyayangkan kenyataan harus menutup tahun tanpa mencapai resolusi, apakah kamu salah satunya?

Jangan putus asa! Justru hal-hal yang belum dicapai di tahun 2020 ini seyogyanya menjadi motivasi kamu untuk melangkah ke depan dan membuka lembaran baru. Lalu, apa yang dapat kamu lakukan untuk membuat resolusimu di tahun 2021 terwujud?

Yuk, simak empat langkah mudah ini, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone.

Membuat resolusi yang spesifik

Banyak orang yang mengawali tahun baru dengan resolusi namun berujung dengan kegagalan untuk mencapainya. Hal pertama yang perlu disadari untuk tidak mengulanginya adalah alasan di balik kegagalanmu di masa lalu. Salah satu yang sering terjadi adalah membuat resolusi yang muluk-muluk dan tidak terukur.

Oleh karena itu, kamu bisa mulai membuat resolusi yang lebih mudah dicapai dengan membuatnya terukur dan membaginya ke dalam beberapa bagian seperti resolusi jangka pendek dan jangka panjang.

resolusi tahun baru

Misalnya, jika kamu ingin memiliki berat badan ideal, maka kamu dapat mengembangkannya menjadi giat berolahraga ringan setiap hari dan memakan makanan sehat di hari kerja. Bukan semata-mata melihat tujuan akhir, hal ini dapat membantumu untuk fokus menjalani proses untuk mencapainya.

Menyusun plan untuk mencapai resolusi

Setelah menentukan resolusi yang Ingin dicapai, kini saatnya kamu membuat plan untuk mencapai impianmu tersebut. Sebelum membuat plan, pastikan kamu mengingat tips pertama yaitu untuk membuat plan secara spesifik dan detail. Kamu bisa menuliskan rutinitas yang perlu kamu lakukan dengan memasang target, memulainya dari hal kecil hingga besar.

Dalam konteks memiliki berat badan ideal, kamu bisa mulai melakukan kegiatan seperti berolahraga 15 menit sehari dan berhenti mengonsumsi gorengan saat makan malam. Setelah berhasil melakukannya, kamu hanya perlu meningkatkan intensitasnya secara perlahan tapi pasti.

Dengan membuat plan yang jelas dan melakukannya secara konsisten, maka kamu akan semakin dekat dengan tujuanmu. Di mana ada kemauan, di sana ada jalan!

Memberikan reward kepada diri sendiri

Meski sudah tahu apa yang harus dilakukan, tak jarang kita menemukan kesulitan untuk meninggalkan kebiasaan lama dan konsisten menjalankan plan yang sudah dirancang. Maka dari itu, penting untuk menyiapkan self-reward tatkala kamu berhasil melawan godaan dan menceklis daftar yang membuatmu lebih dekat dengan tujuan akhirmu.

Self-reward berfungsi untuk menghargai usaha yang sudah kamu lakukan dan bentuknya bermacam-macam. Salah satunya adalah cheat day atau saat di mana kamu berhenti sejenak dari plan yang kamu buat untuk mengembalikan motivasimu.

Hal ini akan membuatmu kembali bersemangat untuk mencapai tahapan berikutnya. Selain itu, bisa juga tergantung pada kesukaanmu, misalnya memakan makanan favoritmu, pergi ke salon, dan masih banyak lagi!

Melakukan evaluasi

Setelah menjalani langkah-langkah di atas, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah evaluasi diri.

Dengan secara rutin melakukan evaluasi, kamu dapat melihat dan menilai mana hal-hal yang efektif, harus ditingkatkan, dan juga menghambat kamu untuk mencapai resolusimu. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan membandingkan perubahan dirimu di periode sebelumnya dan di masa kini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini