Tak Cuma Daun Katuk, Ini Makanan yang Perlancar ASI

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 01 Januari 2021 09:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 31 612 2337016 tak-cuma-daun-katuk-ini-makanan-yang-perlancar-asi-qfnGfiUOlX.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PEMENUHAN kebutuhan bayi akan ASI merupakan sebuah hak bayi yang harus dipenuhi oleh seorang ibu. Pasalnya, ASI merupakan makanan terbaik bayi terkhusus di enam bulan pertama kehidupan mereka.

Banyak faktor yang memengaruhi kurangnya produksi ASI seorang ibu, salah satunya stres. Kekurangan produksi ASI banyak menyebabkan ibu menyerah pada penggunaan susu formula.

“Pada prinsipnya, sebaik apapun susu formula, air susu alami dari tubuh ibu tetaplah yang terbaik bagi buah hati. Oleh karenanya, ibu dapat terus memperjuangkan kelancaran ASI demi buah hati dengan mengonsumsi beberapa makanan pelancar produksi ASI,” tutur Tjok Gde Kerthyasa, ahli homepathy (ahli herbal) asal Bali.

Karena itu, selain mengurangi stres, ada baiknya sang ibu mulai mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI agar gizi si kecil pun dapat terpenuhi.

asi

Bayam

Jika sebelumnya Anda pernah mengalami perdarahan setelah melahirkan, makan makanan sumber zat besi seperti bayam bisa menjadi solusinya. Bukan tanpa alasan, karena bayam dipercaya efektif untuk menambah kadar zat besi tubuh berkat kandungan zat besinya yang tinggi. Hal ini pun berlanjut di masa menyusui.

Beberapa jenis sayuran hijau berdaun gelap, termasuk bayam, mengandung kaya akan nutrisi seperti kalsium, vitamin A, serta vitamin C yang baik untuk ibu dan bayi. Bahkan, kandungan antioksidan dalam bayam dipercaya rendah kalori dan bisa menyehatkan jantung. Selain itu, fitoestrogen yang ada dalam bayam memiliki efek positif terhadap kelancaran produksi ASI.

kacang kedelai

Kacang kedelai

Kacang kedelai merupakan sumber protein yang baik tubuh. Konsumsi kacang kedelai yang mengandung phytoestrogen secara rutin pun dapat membantu ibu menyusui memiliki kelancaran dan berlimpah ASI yang diproduksi. Ibu dapat mengonsumsinya dengan cara direbus lalu dimakan atau juga diblender dan ditambahkan air dijadikan susu kedelai.

Bawang putih

Selain bisa melezatkan cita rasa suatu masakan, ternyata bawang putih juga termasuk salah satu sumber galactagogue terbaik, yakni senyawa yang bisa membuat ASI lancar.

Meski sebagian orang berpendapat bahwa jika sering makan bawang putih, maka bau bawang tersebut dapat memengaruhi ASI. Faktanya tidak selalu, karena makanan apapun yang Anda makan tidak akan mengganggu rasa alami dari ASI. Uniknya, suatu penelitian justru menunjukkan kalau makan bawang putih membantu bayi agar bisa menyusu lebih lama.

Daun katuk

Sudah menjadi tradisi yang turun-temurun bahwa ibu menyusui yang banyak mengonsumsi daun katuk, ASI-nya akan berlimpah dan kental. Daun katuk memiliki kandungan vitamin A, C, B1, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid, dan asam seskuiterna.

Ambil daun katuk segenggam, boleh direbus, lalu diminum air rebusannya. Bisa juga dimakan mentah dijadikan lalapan.

Wortel

Wortel memiliki dengan warna oranye yang cerah dan cantik. Sayuran yang terkenal dengan fungsinya untuk menyehatkan mata ini, kaya akan vitamin A, vitamin B1, vitamin K, serta kalium.

Beta karoten merupakan antioksidan alami dalam wortel yang sangat dibutuhkan selama masa menyusui. Itu sebabnya, agar ASI lancar dan berkualitas baik, Anda bisa mengandalkan wortel sebagai sayuran yang harus ada di menu harian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini