Deretan Camilan Sehat dan Aman untuk Penderita Diabetes, Silakan Dikonsumsi

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Jum'at 01 Januari 2021 17:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 01 298 2337404 deretan-camilan-sehat-dan-aman-untuk-penderita-diabetes-silakan-dikonsumsi-LPhU4LG95K.jpg Kacang almond jadi salah satu camilan sehat untuk penderita diabetes. (Foto: Mrsiraphol/Freepik)

KATA siapa penderita diabetes tidak bisa makan camilan. Menurut American Diabetes Association (ADA), camilan yang berprotein tinggi dan rendah lemak dan dikonsumsi sebelum tidur bisa membantu menstabilkan kadar gula darah penderita diabetes dalam semalam lho.

Para peneliti percaya bahwa camilan yang mengandung tingkat protein yang tinggi, lemak sehat, dan karbohidrat terbatas dapat membantu membatasi lonjakan glukosa darah di malam hari, memastikan kadar glukosa darah rendah di pagi hari.

Baca juga: Bosan dengan Camilan Manis? Bikin Roti Bakso Sapi, Yuk

Dikutip dari Medical News Today, Jumat (1/1/2021), berikut ini camilan yang boleh dan aman dikonsumsi penderita diabetes.

1. Kacang

Almond, kenari, dan kacang tanah boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes sebelum tidur karena mengandung banyak vitamin, mineral, dan lemak sehat. Almond juga mengandung banyak vitamin E, dan kenari sangat kaya akan asam lemak omega-3.

2. Telur rebus

Telur adalah sumber protein yang baik dan mengandung sangat sedikit karbohidrat. Makan telur dengan beberapa biskuit gandum untuk menambah serat. Ini dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Telur rebus. (Foto: Oneuponchef)

3. Keju rendah lemak dan biskuit gandum

Keju mengandung protein, sedangkan gandum mengandung serat. Pilih jenis keju yang belum diproses yang sehat. Biskuit gandum utuh dan gandum utuh memiliki kadar glukosa darah lebih rendah.

Baca juga: Pangsit Bakwan Sajian Lezat untuk Camilan Sore Bersama Keluarga 

4. Wortel, tomat ceri, atau irisan ketimun

Sayuran ini mengandung antioksidan dan serat yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan usus. Tambahkan irisan keju rendah lemak ke camilan rendah kalori ini, untuk mendapat lebih banyak protein.

5. Batang seledri dengan hummus

Seledri mengandung rendah kalori dan berserat tinggi, yang juga menyediakan vitamin dan mineral. Campurkan seledri atau sayuran tidak bertepung lainnya dengan hummus untuk menambah sumber protein.

6. Popcorn

Bergantung pada cara persiapannya, berondong jagung bisa menjadi camilan ringan yang menyehatkan karena mengandung vitamin, mineral, serat, dan protein. Tambahkan beberapa kacang, campurkan sebagai sumber protein.

7. Buncis panggang

Buncis mengandung protein dan serat yang menyehatkan. Camilan mudah disiapkan, atau bersamaan dengan resep buncis panggang pedas.

Buncis Cah Ebi

Baca juga: Resep Sate Telor Aci, Camilan Lezat untuk 'Teman Nonton' Drama Korea 

8. Irisan apel dan selai kacang

Selai kaya akan protein, serat, dan lemak sehat, kacang dipercaya membantu mengontrol kadar gula darah. Apel menyediakan berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan. Potong apel dan tambahkan sedikit selai kacang ke setiap irisan.

9. Yoghurt bebas gula

Yogurt adalah salah satu jenis produk susu yang paling menyehatkan karena mengandung kalsium dan protein berkualitas tinggi.

10. Biji-bijian

Seperti kacang-kacangan, biji-bijian adalah sumber protein, lemak sehat, dan serat yang baik. Cobalah sedikit campuran bunga matahari, wijen, dan biji labu di malam hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini