Psikolog: Hadir hingga Ikhlas Hal yang Perlu Diberikan ke Pasien Covid-19

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 01 Januari 2021 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 01 612 2337388 psikolog-hadir-hingga-ikhlas-hal-yang-perlu-diberikan-ke-pasien-covid-19-1KblKzhB3D.jpg Ilustrasi pasien covid-19. (Foto: Newshub)

PANDEMI covid-19 kian meresahkan masyarakat. Banyak orang terpapar dengan berbagai gejala. Para artis hingga pemuka agama ikut menjadi sasaran virus corona ini.

Setiap yang terpapar atau pasien covid-19 mentalnya akan ikut terganggu. Lantas, bagaimana kita dapat membantu mereka yang tertular virus corona ini?

Baca juga: Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Pakai 5 Cara Alami Ini Saja 

Psikolog Dian L Izwar mengatakan memberikan motivasi serta dukungan adalah bagian dari menolong mereka yang positif covid-19.

"Siapkan diri kita untuk hadir, atasi, tenang, dan ikhlas menjalani hari bersama mereka," katanya ketika dihubungi Okezone belum lama ini.

"Saat seseorang sakit akan ada gejolak emosi dalam dirinya. Banyak hal bisa dirasakannya pada saat itu. Marah, sedih, cemas, takut, gelisah, dan emosi-emosi lainnya. Hadirlah untuk mereka, dengarkan semua emosi yang mereka rasakan. Dengarkan saja, tak usah dibantah dan tak perlu juga memberi nasihat," terangnya.

Kemudian pada saat sakit, banyak hal yang harus dilalui penderita. Menurut dia, bantulah pasien covid-19 semaksimal mungkin. Atasi segala hal yang potensial menjadi masalah atau menjadi beban pikiran mereka.

Baca juga: Tahun Baru Masih Hujan, Ini 4 Tips Mencegah Sakit saat Pandemi 

"Mereka pasti juga mencemaskan kita, karena itu sampaikan bahwa kita baik-baik saja," ujarnya.

"Hanya orang yang tenang yang dapat menenangkan orang lain. Emosi itu menular. Pada saat pertama kali tahu bahwa ia terinfeksi covid-19, seseorang bisa saja panik. Kepanikan dapat memperburuk keadaan," tambahnya.

Kemudiam ikhlas. Mungkin tampak sulit, namun ini adalah kunci dari pendampingan yang optimal. Ikhlas berarti menerima keadaan yang saat ini terjadi sebagai ketentuan yang telah digariskan-Nya.

"Tidak ada yang terjadi tanpa izin-Nya. Berusahalah sebaik yang Anda bisa lalu berdoa mohon pertolongan-Nya. Apa pun yang ditakdirkan-Nya pastilah yang terbaik," pungkasnya.

Baca juga: 5 Hobi Selama Pandemi yang Diprediksi Berlanjut di 2021 

Ilustrasi pasien covid-19. (Foto: Shutterstock)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini