Share

Ini Perumahan Terapung Paling Canggih di Dunia, Gampang Dipindahkan Lho

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 02 Januari 2021 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 01 612 2337477 ini-perumahan-terapung-paling-canggih-di-dunia-gampang-dipindahkan-lho-ShOyiBPNBL.jpg Perumahan terapung paling canggih di dunia. (Foto: Oddity Central)

WATERBUURT yang memiliki arti "kawasan air" adalah perumahan terapung paling canggih di dunia. Letaknya berada di Kota Amsterdam, Belanda. Perumahan ini berisi hampir 100 rumah terapung individu yang ditambatkan di Danau Eimer. Rumah terapung di Distrik Ijburg ini bukanlah rumah perahu biasa, melainkan rumah apung sungguhan.

Rumah ini mengapung berdekatan dengan dermaga dan ditambatkan ke tiang baja. Alhasil, mereka hanya bergerak secara vertikal dengan perubahan pasang surut. Perumahan unik ini didesain oleh arsitek Belanda Marlies Rohmer, dan setiap rumah memiliki desain dasar yang menakjubkan.

Baca juga: Niatnya Hunian Ramah Lingkungan, Perumahan Ini Malah Mirip Film Kiamat 

Meski rumah ini berada di atas danau, kenyamanannya tidak perlu diragukan lagi. Rumah-rumah di sana dibangun di galangan kapal sekira 65 kilometer sebelah utara Danau Eimer, kemudian diangkut melalui jaringan kanal. Meski Waterbuurt masih dalam pengerjaan, beberapa rumah sudah dihuni.

Dua pertiga populasi orang Belanda hidup di bawah permukaan laut, sehingga dengan mencairnya lapisan es bakal menjadi masalah serius. Banyak yang percaya bahwa hidup di atas air di negara Eropa jauh lebih aman daripada hidup di darat.

Perumahan terapung paling canggih di dunia. (Foto: Oddity Central)

Belum lagi harga tanah rumah di pusat kota besar seperti Amsterdam yang beberapa tahun belakangan ini melejit. Oleh karena itu, mereka lebih memilih tinggal di atas air, sebab air tidak semahal tanah.

"Hidup di atas air sudah lebih aman jika Anda tinggal di tempat yang sering terjadi banjir. Sementara sebagian besar kota besar sudah berpenduduk padat dan harga (perumahan) meter persegi meningkat pesat dan air tidak semahal tanah," kata Koen Olthuis, visioner arsitektur air, sebagaimana dikutip dari Oddity Central, Sabtu (2/1/2021).

Baca juga: Gisella Anastasia Terancam Pidana, Komnas Perempuan: Dia Korban

Selain itu, Olthuis juga mengatakan bahwa Kota Amsterdam terlalu statis. Sebab setiap komponen perkotaan yang dibangun harus bertahan di sana selama 50 atau 70 tahun lamanya. Lalu seiring perubahan kota, satu-satunya alternatif adalah menghancurkan benda-benda ini.

"Tapi bangunan terapung dapat dipindahkan dan diadaptasi. Ini semua tentang menciptakan kembali kota kita sehingga berfungsi lebih baik," tambahnya.

Pembangunan perumahan seperti Waterbuurt adalah bukti bahwa hidup di atas air tidak hanya memungkinkan, bahkan mungkin lebih disukai daripada hidup di darat. Namun hal ini tidaklah mudah, sebab banyak hal yang rutin dilakukan di darat harus diciptakan kembali di atas air, baik dari segi teknis maupun hukum.

Rumah terapung dibangun di atas media beton terendam. Rumah ini terdiri dari rangka baja ringan serta dinding dan panel kayu. Kamar tidur dan kamar mandi terletak di lantai bawah yang sebagian tergenang air. Dapur dan ruang makan terletak di lantai dasar yang ditinggikan.

Baca juga: Deretan Caption Unik untuk Unggahan di Tahun Baru 2021, Menarik Dicoba 

Sedangkan ruang tamu utama dan teras luar ruangan berada di lantai atas. Semua rumah terapung dirancang dengan banyak tambahan yang dapat dipilih pembeli, seperti teras terapung, pintu masuk kedua, atau jalan setapak di sekitar properti.

Waterbuurt adalah bagian dari Distrik Ijburg yang merupakan proyek ambisius yang ditetapkan untuk menjadi pemukiman air terbesar dalam sejarah Belanda. Selain rumah terapung, tempat ini akan mencakup wonboat multi-keluarga, taman terapung, dan bahkan gedung pencakar langit terapung.

Perumahan terapung paling canggih di dunia. (Foto: Oddity Central)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini