Ini Lho 5 Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Mengontrol Diabetes

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 02 Januari 2021 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 02 298 2337563 ini-lho-5-jenis-makanan-yang-baik-dikonsumsi-untuk-mengontrol-diabetes-FHH4TGxxuQ.jpg Kacang polong salah satu makanan yang baik untuk mengontrol diabetes. (Foto: Healthmeup)

MENCARI tahu makanan yang baik dikonsumsi untuk mengontrol diabetes bisa jadi hal yang sulit. Itu dikarenakan tujuan utamanya adalah mengontrol kadar gula darah, sehingga tidak semua makanan bisa dikonsumsi.

Maka itu, penderita diabetes perlu mengonsumsi makanan yang dapat membantu mencegah komplikasi diabetes, seperti penyakit jantung.

Baca juga: Penyebab Diabetes Tipe 1 yang Kerap Menyerang Anak, Orangtua Wajib Tahu 

Mengutip dari Healthline, Sabtu (2/1/2021), berikut ini lima jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk mengontrol diabetes.

1. Ikan berlemak

Ikan salmon, sarden, dan makarel adalah sumber asam lemak omega-3 DHA serta EPA yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan jantung. Mendapatkan cukup lemak ini secara teratur sangat penting bagi penderita diabetes yang memiliki peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

DHA dan EPA melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah, mengurangi penanda peradangan dan dapat membantu memperbaiki cara fungsi arteri. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan ikan berlemak secara teratur memiliki risiko lebih rendah untuk sindrom koroner akut, seperti serangan jantung, dan lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena penyakit jantung.

Studi menunjukkan bahwa makan ikan berlemak juga dapat membantu mengatur gula darah. Ikan juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang membantu merasa kenyang dan membantu menstabilkan kadar gula darah.

Ikan salmon. (Foto: Racool Studio/Freepik)

2. Alpukat

Alpukat memiliki kurang dari 1 gram gula, sedikit karbohidrat, kandungan serat tinggi, dan lemak sehat, jadi penderita diabetes tidak perlu khawatir buah tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah.

Sebuah studi pada tahun 2019 terhadap tikus menemukan bahwa avocatin B (AvoB), molekul lemak yang hanya ditemukan dalam alpukat, menghambat oksidasi yang tidak lengkap pada otot rangka dan pankreas yang mengurangi resistensi insulin. Akan tetapi, diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk mengetahui hubungan antara alpukat dan pencegahan diabetes.

Baca juga: 5 Buah yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes, Apa Saja? 

3. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran paling bergizi. Setengah cangkir brokoli yang dimasak hanya mengandung 27 kalori dan 3 gram karbohidrat yang dapat dicerna, bersama dengan nutrisi penting seperti vitamin C dan magnesium.

Terlebih lagi, penelitian pada penderita diabetes telah menemukan bahwa makan kecambah brokoli dapat membantu menurunkan kadar insulin dan melindungi dari kerusakan sel. Brokoli juga dapat membantu mengatur kadar gula darah.

Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi kecambah brokoli menyebabkan penurunan 10 persen glukosa darah pada penderita diabetes. Penurunan kadar glukosa darah ini kemungkinan disebabkan oleh sulforaphane, bahan kimia dalam sayuran silangan seperti brokoli dan kecambah.

4. Telur

Telur mengurangi peradangan, meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik), serta mengubah ukuran dan bentuk kolesterol LDL (jahat). Sebuah studi pada tahun 2019 menemukan bahwa sarapan telur tinggi lemak dan rendah karbohidrat dapat membantu penderita diabetes mengelola kadar gula darah sepanjang hari.

Selain itu, telur merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang baik, antioksidan yang memberikan perlindungan terhadap penyakit mata. Pastikan untuk makan telur utuh. Manfaat telur terutama karena nutrisi yang ditemukan di kuning telur daripada putihnya.

Telur. (Foto: Okezone)

Baca juga: Deretan Camilan Sehat dan Aman untuk Penderita Diabetes, Silakan Dikonsumsi 

5. Kacang polong

Kacang polong adalah makanan yang murah, bergizi, dan sangat sehat. Kacang adalah sejenis kacang-kacangan yang kaya vitamin B, mineral bermanfaat (kalsium, kalium, dan magnesium), dan serat. Kacang juga memiliki indeks glikemik yang sangat rendah, penting untuk menangani diabetes. Kacang juga dapat membantu mencegah diabetes.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 3.000 peserta yang berisiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular, mereka yang mengonsumsi lebih banyak kacang-kacangan memiliki 35 persen penurunan kemungkinan terkena diabetes tipe 2.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini