7 Khasiat Air Lemon yang Perlu Diketahui, Salah Satunya Atasi Bau Mulut

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Sabtu 02 Januari 2021 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 02 298 2337711 7-khasiat-air-lemon-yang-perlu-diketahui-salah-satunya-atasi-bau-mulut-E4iGj8RJTR.jpg Air lemon memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. (Foto: Dashu83/Freepik)

AIR lemon makin populer akhir-akhir ini. Beberapa orang mulai beralih dari kopi atau teh ke minuman air lemon. Alasannya untuk memperkuat daya tahan tubuh di tengah pandemi covid-19 ini.

Selain itu, air lemon juga dipercaya membantu menurunkan berat badan ketika menjalani program diet. "Polifenol dalam lemon dapat membantu mengurangi nafsu makan," kata Erin Palinski-Wade RD, pendidik bersertifikat terkait diabetes dan penulis 'Belly Fat Diet for Dummies'.

Baca juga: 4 Cara Menyimpan Lemon agar Tak Cepat Busuk 

Lalu apa lagi khasiat air lemon? Berikut ini daftarnya, seperti dilansir The Healthy.

1. Menjaga tubuh agar tidak mudah sakit

Vitamin C yang ditemukan dalam buah lemon dapat meningkatkan sistem kekebalan. Air lemon juga dapat membantu mencegah infeksi.

"Tentu saja lingkungan asam di perut berfungsi sebagai penghalang, menghalangi patogen untuk mendapatkan pijakan dan menyebabkan penyakit," kata Roxanne B Sukol MD, direktur medis dari Perusahaan Kesehatan Klinik Cleveland.

"Menelan makanan yang sangat asam, seperti jus lemon, berkontribusi pada lingkungan asam," tambahnya.

Menurut The Cleveland Clinic, bahan kimia dalam lemon yang dikenal sebagai fitonutrien dan memiliki sifat antioksidan yang juga bisa membantu melindungi tubuh dari penyakit.

Lemon

2. Memberi tambahan vitamin C

Lemon adalah sumber vitamin C yang bagus. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, 1/4 cangkir jus lemon menghasilkan 23,6 mg vitamin C atau sekira sepertiga dari asupan harian yang disarankan untuk wanita dan seperempat untuk pria.

Menurut National Institutes of Health, vitamin C adalah antioksidan yang dapat melindungi sel dari radikal bebas. Selain itu, ini juga dapat melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular dan kanker.

"Vitamin C mencegah penyakit kudis, penyakit jaringan ikat yang melemah yang menyebabkan gusi berdarah, di antara gejala lainnya," kata dr Sukol.

Baca juga: 3 Minuman Sehat untuk Redakan Gejala Pilek yang Sekarang Bikin Panik 

3. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Menghidrasi bukanlah manfaat langsung dari lemon, tapi bisa jadi solusi jika merasa minum air tawar biasa dianggap membosankan.

"Menambahkan lemon ke air dapat membuatnya lebih menarik bagi sebagian orang, membantu mereka minum lebih banyak dan meningkatkan hidrasi," kata Palinski-Wade.

4. Membantu fungsi hati

Manfaat lain air lemon yakni membantu fungsi kerja hati lebih baik sebagai filter tubuh. "Meningkatkan hidrasi secara keseluruhan dapat membantu meningkatkan fungsi semua organ dalam tubuh, termasuk hati," kata dr Palinski-Wade.

"Selain itu, penelitian pada hewan telah menemukan, flavonoid dalam lemon dapat melindungi hati dari racun dan mengurangi lemak di hati, melindungi dari penyakit hati berlemak," terangnya.

Hati merupakan mekanisme alami dalam tubuh yang berfungsi untuk membuang racun. Meskipun klaim "detoksifikasi" dari jus lemon tidak benar-benar terbukti, air ini membantu hati bekerja lebih baik yang bermanfaat juga bagi tubuh.

5. Atasi bau mulut

Air lemon bisa membuat mulut yang bau jadi lebih netral. "Jeruk dalam air lemon dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut sehingga menyebabkan napas lebih segar," kata dr Palinski-Wade. Namun, asam dalam jus lemon lama-kelamaan bisa mengikis enamel gigi. Cobalah meminumnya melalui sedotan untuk mengurangi paparan chompers.

Baca juga: Menkes Budi Sebut Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Butuh 3,5 Tahun 

Lemon

6. Melancarkan BAB

Selain membantu fungsi usus dan hati, air lemon juga bisa melancarkan buang air besar (BAB). "Meningkatkan asupan cairan dapat membantu mendorong pergerakan usus yang teratur," kata dr Palinski-Wade.

"Jika menambahkan lemon ke dalam air membantu Anda minum lebih banyak cairan sepanjang hari, ini dapat membantu BAB Anda menjadi lebih teratur," lanjutnya.

Lalu meskipun air lemon tidak memberikan banyak serat, daging buah dan kulitnya dapat meningkatkan kandungan serat.

7. Meningkatkan kadar kalium

Selain pisang, lemon juga sumber baik dari potasium. "Kalium banyak ditemukan pada buah-buahan dan sayuran," kata dr Sukol, "Kalium merupakan elemen penting untuk fungsi sel dan metabolisme, transmisi sinyal saraf."

Kalium adalah elektrolit yang membantu menghantarkan listrik ke seluruh tubuh. Komunikasi saraf-otot ini membantu fungsi rangka-otot.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini