Penyebab Diabetes Tipe 1 yang Kerap Menyerang Anak, Orangtua Wajib Tahu

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 02 Januari 2021 07:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 02 481 2337558 penyebab-diabetes-tipe-1-yang-kerap-menyerang-anak-orangtua-wajib-tahu-zeZNEj1uIp.jpg Ilustrasi sakit diabetes. (Foto: Tumisu/Pixabay)

DIABETES tipe 1 pada anak adalah suatu kondisi di mana tubuh mereka tidak lagi memproduksi hormon penting (insulin). Anak membutuhkan insulin untuk bertahan hidup, sehingga insulin yang hilang perlu diganti dengan suntikan atau pompa insulin. Diabetes tipe 1 pada anak-anak dulu dikenal sebagai diabetes remaja atau diabetes yang bergantung pada insulin.

Dikutip dari Mayoclinic, Sabtu (2/1/2021), diagnosis diabetes tipe 1 pada anak-anak bisa sangat berat, terutama pada tahap awal. Tiba-tiba Anda dan anak (tergantung usianya) harus belajar cara memberi suntikan, menghitung karbohidrat, serta memantau gula darah.

Baca juga: 5 Buah yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes, Apa Saja? 

Tidak ada obat untuk diabetes tipe 1 pada anak, tetapi dapat dikelola. Kemajuan dalam pemantauan gula darah dan pengiriman insulin telah meningkatkan manajemen gula darah serta kualitas hidup anak-anak dengan diabetes tipe 1.

Tanda dan gejala diabetes tipe 1 pada anak-anak biasanya berkembang dengan cepat. Seperti meningkatnya rasa haus, sering buang air kecil, rasa lapar yang ekstrem, penurunan berat badan, kelelahan, napas berbau, serta perubahan perilaku.

Ilustrasi anak-anak. (Foto: Rawpixel/Freepik)

Penyebab Diabetes Tipe 1 pada Anak

Penyebab pasti dari diabetes tipe 1 belum diketahui. Tetapi pada kebanyakan orang dengan diabetes tipe 1, sistem kekebalan tubuh (yang biasanya melawan bakteri dan virus berbahaya) secara keliru menghancurkan sel penghasil insulin di pankreas. Faktor genetik dan lingkungan tampaknya berperan dalam proses ini.

Setelah sel-sel di pankreas dihancurkan, anak menghasilkan sedikit atau tidak sama sekali insulin. Insulin melakukan pekerjaan penting untuk memindahkan gula (glukosa) dari aliran darah ke sel-sel tubuh. Gula memasuki aliran darah saat makanan dicerna.

Baca juga: Deretan Camilan Sehat dan Aman untuk Penderita Diabetes, Silakan Dikonsumsi 

Tanpa cukup insulin, gula menumpuk di aliran darah anak yang dapat menyebabkan komplikasi mengancam jiwa jika tidak ditangani. Adapun faktor risiko diabetes tipe 1 pada anak adalah:

1. Sejarah keluarga

Siapa pun yang memiliki orangtua atau saudara kandung dengan diabetes tipe 1 memiliki risiko sedikit lebih tinggi terkena kondisi tersebut.

2. Genetika

Gen tertentu menunjukkan peningkatan risiko diabetes tipe 1.

3. Ras

Di Amerika Serikat, diabetes tipe 1 lebih sering terjadi pada anak kulit putih keturunan non-hispanik dibandingkan pada anak-anak dari ras lain.

4. Virus tertentu

Paparan berbagai virus dapat memicu kerusakan autoimun dari sel-sel di pankreas. Umumnya dokter dapat mendeteksi antibodi yang terkait dengan diabetes tipe 1 pada anak-anak yang berisiko tinggi mengalami gangguan tersebut.

Antibodi ini dapat dideteksi berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun sebelum gejala pertama diabetes tipe 1 muncul, tetapi saat ini tidak ada cara yang diketahui untuk memperlambat atau mencegah penyakit saat antibodi ditemukan. Penting juga untuk diketahui bahwa tidak semua orang dengan antibodi ini terus mengembangkan diabetes tipe 1.

Baca juga: Selain Stroke, Ini Penyakit Orang Tua yang Bisa Serang Anak Muda 

Ilustrasi diabetes

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini