7 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil, Termasuk Kurangi Risiko Bayi Lahir Cacat

Alfina Nur Hayati, Jurnalis · Sabtu 02 Januari 2021 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 02 481 2337634 7-manfaat-buah-naga-untuk-ibu-hamil-termasuk-kurangi-risiko-bayi-lahir-cacat-b8whNWStXO.jpg Buah naga memberi banyak manfaat untuk ibu hamil. (Foto: Dashu83/Freepik)

IBU hamil tidak hanya dituntut menjaga kesehatan diri, tetapi juga janin yang dikandungnya. Mengonsumsi asupan bernutrisi sangat disarankan selama kehamilan. Bunda dapat menemukannya dalam buah naga yang memiliki segudang manfaat untuk tubuh ibu hamil.

Buah naga dikenal sebagai buah tropis dengan daging berwarna putih maupun merah, dan biji-biji kecil hitam yang bisa dimakan. Kulit luarnya menyerupai sisik hewan mitologi naga. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Indonesia, Taiwan, Vietnam, Filipina, dan Malaysia.

Baca juga: Es Krim Buah Naga Segar dan Sehat, Cocok Dimakan saat Cuaca Panas 

Kandungan gula alami, karbohidrat, serat, kalsium, dan vitamin C dalam buah naga sangat baik bagi tubuh, terutama ibu hamil. Manfaatnya dapat memulihkan energi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan berdampak baik dalam perkembangan struktur tulang bayi.

Rasa buahnya sendiri bermacam-macam, ada tawar, asam, atau manis. Pasokan vitamin dan mineral yang tinggi membuat buah ini paling umum dicari. Bagi Bunda yang masih ragu, yuk simak lima manfaat buah naga selama kehamilan, seperti Okezone rangkum dari Parenting Firstcry.

Ilustrasi ibu hamil

1. Jadi sumber lemak baik

Kehadiran lemak baik dalam tubuh ibu hamil memiliki dampak positif. Di antaranya adalah memberikan energi untuk menjaga proses metabolisme tetap berjalan dan menstimulasi pembentukan otak janin. Buah naga mengandung sebagian proporsi lemak baik. Sebagian besarnya lemak tidak jenuh tunggal sehingga sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

2. Menghasilkan energi

Selain kaya lemak, buah naga juga mengandung banyak karbohidrat yang berfungsi menghasilkan energi. Manusia membutuhkan energi untuk menjalankan fungsi tubuh dan melakukan berbagai aktivitas setiap hari. Buah naga menjadi sumber energi yang mudah diolah dan bisa langsung disalurkan ke janin.

Baca juga: Selain Kurangi Jerawat, Ini Sederet Manfaat Lain Buah Naga 

3. Mencegah infeksi

Infeksi mikroba atau virus menimbulkan risiko berbahaya bagi janin. Hal ini karena mikroba dan virus dapat menembus jalan menuju bayi melalui plasenta. Buah naga bermanfaat meregenerasi sel dalam pengobatan luka dan mencegah infeksi. Selain itu, juga memiliki sifat antijamur dan antibakteri untuk mengatasi perkembangan mikroba dalam tubuh.

4. Meredakan sembelit

Kandungan serat dalam buah naga bermanfaat meredakan sembelit yang terus-menerus. Meningkatnya hormon progesteron pada ibu hamil menyebabkan sembelit kerap terjadi. Salah satu solusinya dengan mengonsumsi banyak serat untuk membuang racun dan menjaga kesehatan pencernaan. Makan buah naga akan membantu sistem pencernaan kembali normal.

5. Meningkatkan hemoglobin

Buah naga kaya akan zat besi yang bisa meningkatkan hemoglobin dalam darah. Zat besi ini juga berfungsi sebagai penyusun utama sel darah merah sehingga mampu mengurangi kemungkinan anemia pada kebanyakan ibu hamil. Konsumsi buah naga secara rutin untuk efek yang signifikan.

Baca juga: Membedah Manfaat Buah Naga Kuning, Hadiah Spesial Jokowi untuk Putri Denada 

Buah naga. (Foto: Freepik)

6. Mengembangkan struktur tulang

Kalsium bukan satu-satunya mineral yang dibutuhkan janin untuk mengembangkan struktur tulangnya. Fosfor juga memainkan peran penting dalam proses itu. Keduanya memiliki fungsi lain menjaga kesehatan gigi ibu hamil. Kandungan ini terdapat dalam buah naga dengan jumlah yang wajar.

7. Mengurangi risiko lahir cacat

Perkembangan saraf janin harus terus berlanjut tanpa hambatan. Kelompok vitamin B kompleks yang dikombinasikan dengan folat berperan penting dalam mengembangkan sistem saraf dan tabung saraf janin. Dengan begitu, dapat mengurangi risiko anak terlahir dalam kondisi cacat dan berbagai gangguan nantinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini