Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan, Ampuh Lawan Bakteri hingga Suburkan Rambut

Alfina Nur Hayati, Jurnalis · Sabtu 02 Januari 2021 22:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 02 481 2337778 manfaat-daun-jarak-untuk-kesehatan-ampuh-lawan-bakteri-hingga-suburkan-rambut-tLeJ2J1t7N.jpg Ilustrasi daun jarak. (Foto: Ray Shrewsberry/Pixabay)

MANFAAT daun jarak cukup beragam untuk kesehatan tubuh manusia. Tanaman yang dikenal sebagai apotek hidup ini sudah banyak digunakan dalam ramuan tradisional secara turun-temurun oleh masyarakat Indonesia.

Daun jarak memiliki nama ilmiah Ricinus communis dan termasuk keluarga Euphorbiaceae. Daun ini dihasilkan dari tanaman jarak yang berbuah tiap tahun dengan batang berongga dan berbuku-buku. Ukurannya relatif sedang dan memiliki warna hijau kekuningan, namun ada juga yang merah.

Baca juga: Selain Tambah Nafsu Makan, Ini 6 Khasiat Kencur yang Wajib Diketahui 

Senyawa kuersetin, kaempferol, astragalin, alkaloid, nicotiflorin, dan fitonutrien terdapat dalam daun jarak. Kandungan senyawa ini penting untuk merawat fungsi tubuh dan mengobati berbagai penyakit. Sifatnya yang alami membuat daun jarak tidak membahayakan kesehatan dan dapat dikonsumsi dalam jangka panjang.

Tidak heran kalau daun jarak sering ditemukan dalam obat-obatan tradisional. Segudang manfaat dapat diperoleh darinya. Berikut ini lima manfaat daun jarak untuk kesehatan, sebagaimana telah Okezone rangkum dari Easy Ayuverda, Sabtu (2/1/2021).

Daun jarak. (Foto: SvetlozarHristov/Pixabay)

1. Melawan bakteri

Manfaat daun jarak salah satunya mampu melawan bakteri dalam tubuh. Hal ini juga ditunjukkan dari sebuah penelitian, tanaman jarak memiliki sifat antibakteri yang dapat melawan bakteri dermatopik dan patogenik, seperti E-coli, S-aureus, K-pneumonia, dan bakteri jenis Strep. Campurkan ekstrak daun jarak dengan ekstrak aseton untuk memaksimalkan manfaatnya.

2. Mengatasi sembelit

Daun yang dikenal sebagai obat pencahar alami ini dapat mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Cara kerjanya hampir sama seperti obat pencahar stimulan, dengan merangsang usus melakukan gerakan mendorong-dorong kotoran. Cucilah daun jarak yang masih segar, kukus hingga matang, dan konsumsi sebagai lalapan atau pendamping makanan. Masalah sembelit pun dapat segera teratasi.

Baca juga: 10 Manfaat Daun Bidara, Turunkan Gula Darah hingga Demam 

3. Menstabilkan kadar gula darah

Bagi penderita gula darah, daun jarak tepat dikonsumsi untuk menstabilkan kadar gula darah. Sebaliknya bagi penderita diabetes, daun jarak berfungsi mencegah kadar gula naik. Kadar gula darah yang terlalu tinggi di dalam tubuh bisa menyebabkan komplikasi diabetes. Kondisi ini terjadi ketika tubuh menggunakan lemak sebagai energi. Agar tidak semakin parah, konsumsilah rebusan daun jarak secara rutin.

4. Meredakan reumatik

Reumatik terjadi ketika otot atau persendian mengalami peradangan dan pembengkakan yang bisa menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit ini dapat menyebabkan gangguan dalam pergerakan tubuh. Tidak ada salahnya menggunakan daun jarak untuk meredakan sakit rematik. Tumbuklah 5 sampai 8 lembar daun jarak bersih, tambahkan sedikit air hangat, dan oleskan pada bagian tubuh yang terkena rematik. Cara ini bisa dilakukan minimal dua kali sehari hingga gejala mereda.

Baca juga: 7 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan, Ampuh Turunkan Gula Darah hingga Kolesterol! 

5. Menyuburkan rambut

Daun jarak mengandung asam lemak omega 6 yang dapat menyuburkan atau merangsang pertumbuhan rambut. Rendamlah daun jarak sampai hancur dan saring untuk diambil airnya. Setelah itu, oleskan air daun jarak pada kulit kepala secara merata. Gunakan shower cap dan biarkan semalaman agar khasiatnya semakin meresap, lalu bilas sampai bersih. Lakukan cara ini dua kali seminggu secara rutin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini