Viral, Malam Hari di Dua Kota Kecil Ini Berwarna Ungu Cerah

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 02 Januari 2021 13:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 02 612 2337667 viral-malam-hari-di-dua-kota-kecil-ini-berwarna-ungu-cerah-ADqd22YHTl.jpg Viral dua desa berwarna ungu cerah ketika malam hari. (Foto: YouTube Screengrab/Oddity Central)

SELAMA beberapa bulan terakhir penduduk di dua kota kecil pantai selatan Swedia mengalami fenomena malam hari yang aneh. Jika pada malam hari seharusnya langit berwarna gelap, justru di tempat ini langit berubah warna menjadi ungu cerah. Fenomena ini pun menjadi viral di media sosial.

Dikutip dari Oddity Central, Sabtu (2/1/2021), penduduk Gislov dan Trelleborg, dua kota kecil di Swedia yang hanya berjarak sekira 10 menit perjalanan, awalnya dikejutkan langit ungu cerah di atas mereka. Tapi kekhawatiran mereka segera diatasi oleh perwakilan dari sebuah perkebunan tomat di dekatnya.

Baca juga: Viral, Praktik Akad Nikah Anak SMA Ini Dikira BeneranĀ 

Perwakilan perkebunan tersebut menjelaskan bahwa warna langit yang tidak wajar itu disebabkan sistem hemat energi baru yang telah mereka pasang. Instalasi LED besar memancarkan cahaya ungu pada tanaman untuk merangsang pertumbuhan. Namun, cahaya itu juga bersinar ke atas dan menerangi awan rendah sehingga menciptakan efek sci-fi.

Viral dua desa berwarna ungu cerah ketika malam hari. (Foto: Instagram @iskandinav_mansur)

Foto-foto langit malam ungu cerah itu pun beredar luas di media sosial hingga menjadi viral. Sebagian besar memberikan reaksi positif dari pengguna yang menyukai efek dunia lain. Tapi semuanya sangat berbeda dengan penduduk di sekitar lokasi.

Penduduk Gislov dan Trelleborg mulai mengeluh tentang lampu ungu terang tersebut. Mereka mengatakan bahwa cahaya itu menyinari rumahnya pada malam hari sehingga sulit membuat tertidur.

Baca juga: Chef Arnold Emosi Lihat Rumus Selamat Tahun Baru Jerome Polin, Netizen Ikut BingungĀ 

Pada 6 November 2020, pihak perkebunan tomat terbesar di Swedia itu mulai mematikan lampu antara pukul 17.00 hingga 23.00. Mereka juga mengeluarkan pernyataan resmi.

"Sebagai langkah pertama, kami telah memilih untuk mematikan seluruh penanaman tomat di malam hari. Meski ini akan menjadi langkah mundur bagi kami. Kami tidak maksud membuat orang marah. Kami hanya ingin menghemat listrik dan tumbuh lebih banyak," isi pernyataan tersebut.

Media lokal Swedia baru-baru ini melaporkan bahwa cahaya ungu cerah juga tampaknya membingungkan burung-burung di daerah tersebut. Burung-burung itu dilaporkan terjebak dalam cahaya dan terbang di dalamnya selama berjam-jam.

Tidak ada yang tahu persis mengapa burung mengalami ini. Fenomena tersebut diketahui terutama setelah diamati di sekitar mercusuar melalui proyektor kuat.

Baca juga: Viral Ibu-Ibu Fans 'Ikatan Cinta' Histeris Lihat Andin Sekarat, Disuruh Minum SusuĀ 

Viral dua desa berwarna ungu cerah ketika malam hari. (Foto: Instagram @iskandinav_mansur)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini