Stres 2021 Corona Masih Menghantui? Coba Santap Makanan dan Minuman Ini

Uthari Handayani, Jurnalis · Minggu 03 Januari 2021 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 03 298 2338063 stres-2021-corona-masih-menghantui-coba-santap-makanan-dan-minuman-ini-TCz07Se0E0.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MESKIPUN sudah memasuki 2021, tapi pandemi covid-19 yang belum berakhir memang membuat banyak orang semakin stres. Tidak saja mengganggu fisik, stress juga dapat merusak emosional seseorang.

Oleh karena itu, disarankan untuk berolahraga guna menekan tingkat stres. Selain itu, asupan makanan pada tubuh juga harus diperhatikan, stres tidak meningkat.

Melansir dari Healthline, ada beberapa makanan dan minuman tertentu yang memiliki kualitas penghilang stres. Apa saja? Simak ulasan seorang ahli gizi, Kathy w. Warwick berikut ini.

Teh hijau

Dari data National Institutes of Health, teh hijau merupakan sumber asam amino yang baik dan ini dapat meningkatkan kandungan senyawa L-theanine yang dapat mengurangi stres.

Ubi jalar

Ubi jalar adalah sumber karbohidrat utuh yang penting untuk merespons stres. Mengonsumsi makanan ini dapat menurunkan kadar hormon stres kortisol yang menyebabkan peradangan, nyeri, dan efek samping lainnya.

stress

Jeroan

Jeroan seperti jantung, hati, dan ginjal pada sapi dan ayam diperkaya vitamin B, vitamin B12, vitamin B6, riboflavin, dan folat. Nutrisi tersebut penting untuk mengendalikan stres. Ini karena vitamin-vitamin tersebut diperlukan untuk produksi neurotransmitter seperti dopamin dan serotonin, yang membantu mengatur suasana hati.

Telur

Telur yang utuh mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan yang dibutuhkan untuk merespons stres secara sehat. Kandungan kolin pada telur terbukti berperan penting dalam kesehatan otak dan meningkatkan suasana hati.

Ikan berlemak

Ikan-ikan ini meliputi mackerel, salmon, herring, dan sarden. Nutrisi yang dikandungnya seperti omega-3 dan vitamin D terbukti membantu mengurangi tingkat stres dan memperbaiki suasana hati. Faktanya, rendahnya kandungan tersebut dapat meningkatkan kecemasan dan depresi.

Peterseli

Peterseli memiliki antioksidan seperti karotenoid, flavonoid, dan minyak atsiri yang mampu melindungi diri dari stres oksidatif. Di antaranya termasuk depresi dan kecemasan.

Biji bunga matahari

Biji bunga matahari diperkaya magnesium, mangan, selenium, seng, vitamin B, dan tembaga yang dapat menurunkan stres. Kandungan vitamin E pada biji ini juga bertindak sebagai antioksidan kuat dan penting untuk kesehatan mental.

Brokoli

Brokoli merupakan makanan terkonsentrasi dari nutrisi magnesium, vitamin C, dan folat yang telah terbukti melawan gejala depresi. Selain itu brokoli kaya akan senyawa sulforaphane yang memiliki sifat pelindung saraf dan menawarkan efek menenangkan sebagai antidepresan.

Teh kamomil

Teh kamomil dikenal meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

Blueberry

Buah beri satu ini kaya akan flavonoid yang dapat melindungi dari depresi dan meningkatkan suasana hati.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini