Buah dan Sayuran Hijau Beri Banyak Manfaat Kesehatan, Ini 5 di Antaranya

Iman Firmansyah, Jurnalis · Senin 04 Januari 2021 07:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 03 298 2338190 buah-dan-sayuran-hijau-beri-banyak-manfaat-kesehatan-ini-5-di-antaranya-HefFLVWJxC.jpg Ilustrasi buah dan syuran hijau. (Foto: Marijana1/Pixabay)

BUAH dan sayuran hijau adalah jenis asupan yang baik untuk kesehatan. Pasalnya, warna hijau yang dimiliki ada khasiatnya. Warna hijau buah dan sayuran berasal dari sebuah pigmen bernama klorofil.

Klorofil tersebut memiliki kemampuan kuat meregenerasi tubuh pada tingkat molekuler dan seluler serta dikenal untuk membersihkan tubuh. Kandungan ini juga membantu dalam memerangi infeksi dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, kekebalan tubuh, serta peredaran darah.

Baca juga: 5 Sayuran dan Buah untuk Program Hamil, Yuk Simak! 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makanan hijau adalah sumber fitonutrien, serat, dan air yang baik serta dapat merevitalisasi kesehatan. Ada banyak buah dan sayuran hijau, misalnya brokoli, bayam, mentimun, paprika hijau, alpukat, kiwi, jambu, pir, apel hijau, dan anggur hijau.

Kenapa disarankan harus banyak makan buah dan sayuran berwarna hijau? Sebab, terdapat kandungan klorofil, serat, lutein, zeaxanthin, kalsium, folat, vitamin C, dan beta karoten.

Selain itu, nutrisi yang ditemukan dalam buah dan sayuran hijau juga dapat mengurangi risiko kanker, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol jahat, membantu pencernaan makanan yang lebih baik, mendukung kesehatan dan penglihatan retina, melawan radikal bebas yang berbahaya, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berikut ini deretan manfaat dari mengonsumsi buah dan sayuran hijau, seperti dikutip dari laman Boldsky, Senin (4/1/2021).

Baca juga: 5 Trik Memakai Lipstik Cair agar Lebih Cetar

1. Mencegah kanker

Banyak penelitian telah mengungkapkan bahwa diet kaya sayuran hijau dan buah-buahan dapat membantu menangkal kanker karena adanya kandungan fitonutrien seperti antioksidan, karotenoid dan flavonoid yang dapat membantu dalam memerangi kanker perut, kanker usus besar, kanker kulit dan kanker payudara. Fitonutrien dapat ditemukan dalam alpukat, apel hijau, bayam, dan kangkung.

2. Menurunkan kolesterol jahat

Sebagaimana diketahui, penumpukan kolesterol di dinding arteri bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke. Untuk menjaga kadar kolesterol, tingkatkanlah konsumsi makanan hijau seperti alpukat, zaitun, kacang hijau, anggur hijau karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan serat yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

3. Meningkatkan kesehatan mata

Mengonsumsi sayuran berdaun hijau dapat membantu menjaga kesehatan mata. Sayuran dan buah seperti bayam, kangkung, buah kiwi, anggur, dan zucchini mengandung karoten esensial yang disebut lutein serta zeaxanthin. Senyawa ini bertindak sebagai pelindung untuk makula dan mencegah kerusakan dari cahaya.

Baca juga: 5 Makanan Penambah Imunitas Tubuh dan Pencegah Virus Corona 

4. Meningkatkan metabolisme

Peningkatan metabolisme akan membantu menurunkan berat badan dan beberapa sayuran dan buah hijau seperti cabai hijau, alpukat, bayam adalah beberapa makanan hijau yang dapat meningkatkan aktivitas metabolisme.

5. Baik untuk pencernaan

Untuk memastikan berfungsinya sistem pencernaan dengan lebih baik, konsumsilah makanan berserat tinggi seperti apel hijau, brokoli, kacang hijau, kacang polong dan lobak hijau. Serat berfungsi baik bagi tubuh dengan menyerap air tambahan di usus, mempromosikan bakteri usus yang sehat dan memudahkan buang air besar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini