Musim Hujan di Tengah Pandemi, Ikuti Langkah Ini Supaya Tetap Sehat

Iman Firmansyah, Jurnalis · Senin 04 Januari 2021 07:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 03 481 2338192 musim-hujan-di-tengah-pandemi-ikuti-langkah-ini-supaya-tetap-sehat-X9yVdQRXCc.jpg Ilustrasi musim hujan di tengah pandemi covid-19. (Foto: Torwaiphoto/Freepik)

DI awal tahun baru ini banyak wilayah mulai rata mengalami musim hujan. Hampir setiap hari hujan mengguyur dengan deras. Namun musim hujan kali ini cukup berbeda, karena masih dibayangi masa pandemi covid-19.

Langkah ekstra pun harus dilakukan untuk mencegah terpapar dari virus corona ketika musim hujan tiba. Pasalnya ketika musim hujan, banyak orang kerap menjadi malas dan tidak banyak bergerak serta menghalangi dari banyak aktivitas di luar ruangan.

Baca juga: Kesadaran Masyarakat soal Covid-19 Masih Rendah, Ada Kesalahan Strategi? 

Hal tersebut dinilai bisa menimbulkan masalah kesehatan karena keterbatasan aktivitas fisik. Lalu langkah apa yang bisa dilakukan supaya tetap sehat ketika musim hujan di tengah pandemi covid-19?

Berikut ini enam caranya, seperti dikutip dari Boldsky, Senin (4/1/2021).

1. Konsumsi vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan dan kesehatan secara keseluruhan. Konsumsi makanan kaya vitamin c seperti lemon, jeruk, kiwi, dan bayam bisa membantu menangkal flu di musim hujan.

Jus vitamin C. (Foto: Silviarita/Pixabay)

2. Tingkatkan konsumsi protein

Konsumsi protein adalah cara yang bagus untuk mengurangi konsumsi kalori secara keseluruhan dan secara tidak sengaja meningkat selama musim hujan karena orang cenderung mengonsumsi lebih banyak makanan untuk melawan suhu dingin dan lebih sedikit aktivitas fisik.

Baca juga: Hubungan Ayya Renita dan Ikbal Fauzi di Luar Sinetron Ikatan Cinta

3. Konsumsi makanan hangat

Makanan yang dimakan secara langsung memengaruhi suhu tubuh. Mengonsumsi makanan hangat selama musim hujan bisa memberi kehangatan dan mencegah suhu tubuh turun.

4. Jangan memilih makanan berat

Di musim hujan, orang cenderung malas dan kurang memiliki jadwal olahraga yang tepat. Itu membuat tubuh terasa lesu dan lemas. Sementara makanan berat dapat menambah gaya hidup yang tidak sehat dan meningkatkan kemungkinan bertambahnya berat badan.

Baca juga: Peningkatan Pasien Covid-19 Terjadi Sejak Awal Desember 

5. Perbanyak makan buah dan sayuran

Menambahkan lebih banyak buah dan sayuran ke dalam makanan Anda sebagai nutrisi di dalamnya dapat membantu meningkatkan kekebalan dan mencegah dari penambahan berat badan. Hindari makanan bertepung, manis, dan berminyak karena kalori tinggi.

6. Rutin minum air

Orang sering melewatkan minum cukup air selama musim dingin sehingga dapat menyebabkan beberapa masalah kulit dan kesehatan seperti kulit kering dan batu ginjal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini