9 Manfaat Alami Madu, Redakan Batuk hingga Hilangkan Ketombe

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Senin 04 Januari 2021 08:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 03 481 2338193 9-manfaat-alami-madu-redakan-batuk-hingga-hilangkan-ketombe-rbQ1LJa118.jpg Madu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. (Foto: Racool Studio/Freepik)

SEJAK zaman dahulu madu dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Madu sendiri merupakan cairan kental yang dihasilkan lebah dan rasanya enak manis.

Berkat rasanya yang manis, biasanya madu digunakan untuk campuran teh sebagai pengganti gula. Selain sebagai campuran minuman dan makanan, madu juga memiliki manfaat bagi kecantikan.

Baca juga: Madu Bisa Bikin Kulit Wajah Makin Cerah, Ikuti 3 Cara Ini 

Berikut ini deretan manfaat madu untuk kesehatan tubuh manusia, sebagaimana dirangkum dari The Healthy, Senin (4/1/2021).

1. Meredakan batuk

Pemanis alami ini terbukti sama efektifnya dengan obat yang mengandung dekstrometorfan yang dijual bebas untuk meredakan batuk. Karena sifat madu sebagai penawar rasa sakit, ia membentuk lapisan di tenggorokan untuk meredakan iritasi yang menyebabkan batuk. Minum 2 sendok teh sebelum tidur untuk meredakan batuk malam hari dan membantu Anda tidur.

Madu. (Foto: Fancycravel1/Pixabay)

2. Perbaiki kolesterol

Sebuah studi di Dubai menemukan, dibandingkan dengan peserta yang mengonsumsi larutan glukosa, orang yang mengonsumsi 250 mililiter air dengan 75 gram madu alami selama 15 hari mengalami penurunan kolesterol jahat low-density lipoprotein (LDL) sekaligus meningkatkan kolesterol baik densitas lipoprotein (HDL) kolesterol.

Baca juga: Tak Hanya Jago Main Bola, David Beckham Juga Hobi Memasak untuk Victoria

3. Melembapkan kulit

Dokter kulit asal Amerika Serikat Zoe Diana Draelos MD mengatakan madu meninggalkan lapisan pada kulit untuk mengunci air dan meningkatkan kelembapan.

"Madu bertindak sebagai pelembap alami karena molekul gula menahan air di kulit," tambah dokter kulit Patricia Farris MD.

4. Mengatasi jerawat

Menurut Joey Green, penulis 'Magic Health Remedies', sifat antimikroba madu dapat mengurangi peradangan jerawat. Untuk pengobatan rumahan jerawat, campurkan madu dan pala bubuk dengan perbandingan yang sama, lalu biarkan pada jerawat selama 20 menit sebelum dicuci.

5. Meredakan sakit tenggorokan

Selain meredakan batuk, madu juga bertindak sebagai antibakteri ringan yang bermanfaat untuk sakit tenggorokan. Tuang 1/2 cangkir air dengan 1 sendok teh jahe parut, lalu tambahkan perasan 1/2 buah lemon dan 1 sendok teh madu. Kumur campuran untuk meredakannya.

6. Menyembuhkan luka bakar

Satu studi klasik menemukan madu dapat menyembuhkan luka bakar lebih cepat dan menunjukkan lebih sedikit terjadi peradangan, dibandingkan perak sulfadiazine dalam obat luka bakar pada umumnya.

Baca juga: Madu dan Cuka Sari Apel Bantu Atasi Sakit Vertigo 

7. Menaikkan gula darah rendah

Menurut sebuah studi dari Journal of International Society of Sports Nutrition, bubuk madu dapat meningkatkan dan mempertahankan kadar glukosa lebih efektif daripada sukrosa atau maltodekstrin.

Karbohidrat dan protein dalam jumlah besar setelah olahraga dapat menyebabkan hipoglikemia pada beberapa orang, tetapi para peneliti menyimpulkan madu dapat mencegah reaksi tersebut. Penderita hipoglikemia dapat menggunakan madu yang mengandung gula tinggi untuk meningkatkan kadar glukosa darah rendahnya.

8. Menghilangkan ketombe

Menggunakan madu pada rambut dapat menenangkan kulit kepala dan melawan ketombe. Para peneliti mempelajari penggunaan madu pada pasien yang menderita dermatitis seboroik dan ketombe, menemukan penggunaan sabun mandi madu dapat menghilangkan rasa gatal dan penskalaan lebih baik.

Meskipun mengalami ketombe sesekali, mencucinya dengan madu dapat meredakannya. Madu memiliki khasiat antijamur dan melembapkan kulit kepala. Encerkan madu dengan sedikit air hangat dan pijatkan ke kulit kepala selama 2 sampai 3 menit.

9. Pembersih tubuh

Menggunakannya sebagai body wash saat mandi, madu akan melembabkan kulit kering dan membunuh bakteri penyebab jerawat dan bau badan.

Untuk membuat sabun mandi, campurkan 2 sendok teh madu dengan 1 sendok makan minyak zaitun. Untuk spa, tambahkan minyak esensial seperti lavender, minyak almond, atau minyak vitamin E. Minyak ini dapat menenangkan dan memberikan bau yang harum. Jika Anda ingin mengubah sabun mandi Anda menjadi lulur, tambahkan dengan 1/2 cangkir gula merah.

Pastikan sabun mandi tidak mengandung air. Madu memiliki masa simpan yang sangat lama, tetapi menambahkannya air dapat menimbulkan pertumbuhan jamur, dan merusak dengan cepat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini