Malu Punya Stretch Mark? Simak 5 Cara untuk Menghilangkannya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 03 Januari 2021 02:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 03 612 2337861 malu-punya-stretch-mark-simak-5-cara-untuk-menghilangkannya-lplh4Q5n0n.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

STRETCH mark menjadi salah satu permasalahan yang mengurangi kepercayaan diri penampilan Anda. Hal ini dikarenakan adanya peregangan atau ekspansi kulit secara tiba-tiba, merusak lapisan kolagen dan elastin di kulit. 

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Dilansir dari laman Times of India, berikut ini beberapa perawatan supaya stretch mark Anda bisa hilang, serta dapat memperindah penampilan.

Retinoid

Kandungan ini adalah turunan vitamin A yang membantu membangun kolagen baru dan membantu memudarkan noda. Penggunaan retinoid tanpa pemakaian yang tepat dapat menyebabkan iritasi pada kulit. 

Perlu diketahui, penggunaan retinoid dibatasi untuk wanita hamil dan menyusui karena dapat menyebabkan efek mengigau pada bayi.

Stretch mark

Chemical peeling

Kulit dalam seperti TCA (asam trikloro asetat), fenol, retinoid, asam glikolat konsentrasi tinggi bekerja dalam meregenerasi kolagen dan membawa kelegaan sampai batas tertentu.

Mikrodermabrasi

Kandungan ini melibatkan pengangkatan lapisan halus kulit bersama dengan kristal yang bertiup ke dalam kulit. Selanjutnya akan mendorong pertumbuhan kolagen dan elastin baru di kulit.

Laser dan perangkat berbasis panas

Sejumlah besar perangkat berbasis panas seperti laser ablatif pecahan, jarum mikro dengan frekuensi radio dan perangkat ultrasonik yang membantu dalam remodulasi kolagen. Serta bisa membantu menghilangkan stretch mark.

Terapi plasma kaya trombosit

Perawatan ini melibatkan suntikan faktor pertumbuhan dari darah sendiri yang menyebabkan memudarnya bekas luka, seperti stretch mark. Namun, tidak semua bisa mencegah pembentukannya karena variasi jenis kulit dan genetik.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini