Rawan Kena Pecat di 2021? Ini 8 Tips agar Kamu Siap

Poppy Fadhilah, Jurnalis · Senin 04 Januari 2021 09:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 03 612 2338156 rawan-kena-pecat-di-2021-ini-8-tips-agar-kamu-siap-sFUp9E3Ccq.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

DI 2021 ini, apakah kamu mengalami kekhawatiran kehilangan pekerjaan? Pandemi yang masih berlangsung memang membuat banyak perusahaan harus gulung tikar, lantaran kesulitan menjual produknya.

Terlepas dari situasinya, daripada dibayangi ketakutan kehilangan pekerjaan, cobalah menambahkan beberapa keterampilan kerja, agar bisa dipakai di mana saja. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa takut kehilangan pekerjaan seperti dilansir dari financialfiddler.

Buatlah Keterampilan Kamu Beragam

Perusahaan cenderung lebih menyukai karyawan yang “serba bisa”. Semakin banyak skill yang kamu punya, semakin berharga kamu bagi perusahaan. Untuk itu tidak ada salahnya kamu menambah daftar keahlianmu. Bisa hard skill dan juga soft skill.

Hard Skill merupakan keahlian yang dapat diajarkan atau mudah diukur. Kamu biasanya memperoleh keahlian ini melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan formal. Contoh hard skill antara lain: Akuntansi, Desain Web, Pemrograman Komputer, Keuangan, Hukum dan banyak lainnya.

Soft Skill berbeda dari hard skill. Soft skill berhubungan dengan cara kamu berinteraksi dengan orang lain. Keterampilan lunak disebut sebagai "keterampilan interpersonal". Contoh soft skill antara lain: Komunikasi, Berbicara di depan umum, Berpikir kritis, Kepemimpinan, Kerja tim, Etika kerja, Pemecahan masalah dan banyak lainnya.

phk

Terus Belajar

Banyak orang menjadi nyaman, berpuas diri, dan tidak bersemangat belajar lagi setelah kerja beberapa waktu. Perlu diketahui, bahwa dunia terus berubah dan mempelajari konsep serta tren baru akan membantu kamu tetap relevan dan menjadi aset berharga bagi perusahaan.

Manfaatkan sumber daya yang diberikan kantor sebaik-baiknya. Bisa berupa kursus atau pelatihan yang menunjang pekerjaan kamu. Pertimbangkan dirimu untuk melamar program pengembangan.

Jika perusahaan kamu tidak menawarkan kesempatan belajar apa pun, bacalah buku, artikel, forum, dan dengarkan podcast sebagai alternatif.

Tetap fokus dan pelajari cara memprioritaskan

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi rasa takut kehilangan pekerjaan adalah menjadi karyawan terbaik yang kamu bisa. Ini dimulai dengan tetap fokus. Kamu harus menyingkirkan berbagai gangguan yang dapat merusak fokus kerjamu.

Pekerjaan yang menumpuk juga bisa membebani dan membuat kamu kehilangan fokus. Untuk itu, penting untuk memprioritaskan semua pekerjaan kamu. Kategorikan proyek dan tugas kamu berdasarkan tingkat kepentingan dan urgensinya. Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih produktif.

Punya Dana Darurat

Jika kamu tiba-tiba diberhentikan dari pekerjaan, apa kamu punya dana darurat untuk biaya hidup sampai menemukan pekerjaan baru? Jika tidak, kamu harus mulai mempunyai dana darurat karena dapat menciptakan rasa aman dan mengatasi rasa takut kehilangan pekerjaan.

Perluas Relasi

Pernahkah kamu mendengar ungkapan, "Ini bukan tentang apa yang kamu ketahui, tetapi siapa yang kamu kenal" ? Relasi adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pekerjaan. Jadilah orang yang terbuka, ramah, dan jujur dengan orang di sekitar.

Kita tidak pernah tahu kapan kita membutuhkan bantuan orang lain. Memiliki relasi yang baik dapat membantu kamu mendapatkan pekerjaan lain jika sesuatu terjadi pada perusahaan kamu saat ini.

Perbarui CV Kamu

Kapan terakhir kali melihat CV kamu? Apakah sudah setahun, lima tahun, sepuluh tahun atau bahkan lebih lama lagi? Selalu miliki CV terbaru dapat membantu kamu mengatasi ketakutan kehilangan pekerjaan. Karena kamu selalu siap untuk memulai langkah baru.

Jangan lupa untuk menambahkan proyek besar, tugas, pengalaman kerja, dan bahkan pekerjaan sukarela yang dapat membuat CV kamu lebih menarik.

Lihat Opsi Pekerjaan Lain

Tidak ada salahnya untuk tetap membuka pilihan, terutama di pasar kerja. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini oleh Biro Statistik Tenaga Kerja, rata-rata orang berganti pekerjaan sekitar 12 kali selama karier mereka. Ini berarti setiap orang menghabiskan sekitar lima tahun atau kurang dalam setiap pekerjaan.

Karena perubahan pekerjaan begitu sering terjadi, orang yang sukses adalah orang yang mengikuti tren pasar di industri mereka, bersama dengan mencari peluang jika kehilangan pekerjaan saat ini. Dengan bersiap, kamu dapat mengatasi rasa takut kehilangan pekerjaan karena kamu tahu dan dapat memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan pekerjaan lain.

Bantu Orang Lain

Rasa takut kehilangan pekerjaan tidak hanya dialami kamu sendirian. Teman kerjamu mungkin merasakan kecemasan atau mengalami krisis pribadi yang sama. Salurkan rasa takut yang kamu rasakan dan fokuskan energi itu untuk membantu orang lain.

Kamu tidak hanya akan mencapai lebih banyak tujuan pekerjaan, tetapi kamu tidak akan lagi berfokus pada ketakutan itu sendiri. Atasan cenderung ingin mempertahankan lebih banyak orang yang berfokus pada sesama tim dibandingkan seseorang yang hanya mengkhawatirkan dirinya sendiri.

Rasa takut kehilangan pekerjaan adalah sesuatu yang hanya bisa kamu atasi sendiri. Cobalah tenang dan lakukan langkah-langkah di atas akan sangat membantu meredakan kecemasan itu. Pada akhirnya, kamu akan memiliki kekuatan untuk mengontrol perasaanmu dan jadi pribadi yang lebih kuat. Semangat!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini