Sering Merasa Sibuk, Tapi Kurang Produktif ? Kenali Penyebabnya

Karina Asta Widara , Jurnalis · Senin 04 Januari 2021 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 12 2338656 sering-merasa-sibuk-tapi-kurang-produktif-kenali-penyebabnya-VcB07rXWWh.jpg Foto : CIMB Niaga

Produktivitas kerja selalu menjadi acuan seseorang layak untuk dipromosikan atau tidak. Produktivitas kerja memiliki peranan yang sangat penting untuk meraih prestasi dan terus #KejarMimpi. Meskipun masih banyak aspek lain yang menentukan kesuksesan karier seseorang.

Meskipun mengetahui produktivitas kerja itu penting, tapi masih banyak para pekerja atau karyawan tidak produktif secara maksimal. Pernakah Anda bertanya mengapa sebagian orang bekerja sangat produktif dan sebagian lainya membutuhkan daya juang lebih untuk menyelesaikan tugas?

Jika Anda bagian dari kelompok terakhir, mungkin Anda melakukan kebiasan buruk. Berikut ini penyebab Anda kurang produktif:

1. Kurang fokus

Menyela pembicaraan memungkinkan seseorang mendapat informasi yang tidak utuh. Apakah Anda tahu hal paling penting dalam negosiasi? Ya, mendengarkan apa yang orang lain katakan. Manfaat menjadi pendengar yang baik, yakni membantu membangun hubungan, memecahkan masalah, memastikan pemahaman, menyelesaikan konflik, dan meningkatkan akurasi. Di tempat kerja, mendengarkan secara efektif berarti lebih sedikit kesalahan dan sedikitnya waktu yang terbuang.

2. Berfikir sebelum berbicara

Jika Anda tidak pernah mengatakan tidak, Anda mungkin tidak benar-benar mendengarkan apa yang diminta. Anda pasti berlebihan dalam melakukannya, dan pada akhirnya membuat diri Anda terlihat buruk. Tidak ada salahnya menyenangkan seseorang, tapi ingat adakalanya Anda tidak sanggup melakukannya. Solusinya pikirkan terlebih dahulu sebelum mengatakan, "Ya!". Tanyakan pada diri sendiri, "Apakah saya sanggup?". Lebih baik bersikap realistis dengan diri sendiri dan orang lain, daripada berpura-pura bisa.

 

 CIMB Niaga

3. Gosip

Bergosip di kantor tidak hanya membuang-buang waktu, tapi juga uang perusahaan, moral, dan berpotensi menular pada karyawan yang baik. Jika Anda ikut serta dalam gosip kantor, maka hati-hatilah, karena Anda dapat membahayakan reputasi dan pekerjaan. Solusi dari penyebab produktivitas berkurang jika Anda telanjur ikut bergosip, adalah dengan mengubah citra Anda dengan tetap sibuk, atau setidaknya terlihat sibuk.

4. Mengeluh

Apakah Anda suka mengeluh kepada rekan kerja sepanjang hari? Pikiran negatif malah mengganggu pekerjaan Anda, menyebabkan Anda kehilangan fokus hingga lupa pada tugas utama Anda. Selain membuang-buang waktu, jika Anda terus-menerus dalam keadaan negatif, bagaimana memiliki karir sukses? Solusi untuk mengubah kebiasaan itu dengan melihat situasi tertentu. Lihatlah sisi positif, hal itu akan memperbaiki pola pikir dan suasana hati Anda.

5. Dikelilingi Orang yang Tidak Produktif

Produktivitas seseorang sangat ditentukan oleh orang-orang di sekitarnya. Mereka yang tidak produktif bisa menjadi produktif jika berada di lingkaran orang-orang yang produktif. Secara tidak langsung mereka terpicu menjadi lebih produktif, seperti teman-teman yang ada di sekitarnya. Begitu juga sebaliknya. Coba Anda perhatikan rekan kerja di sekeliling Anda. Apakah mereka memiliki produktivitas kerja yang membanggakan atau tidak. Jika tidak, mendekatlah pada rekan kerja yang memiliki produktivitas kerja dan kontribusi tinggi di kantor Anda.

Itulah beberapa penyebab Anda menjadi kurang produktif. Segera atasi penyebab yang membuat Anda menjadi kurang produktif. Agar Anda tetap fokus #KejarMimpi.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini