Kevin Sanjaya Positif Covid-19 Meski Rajin Olahraga, Begini Penjelasan Dokter

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 04 Januari 2021 19:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 481 2338764 kevin-sanjaya-positif-covid-19-meski-rajin-olahraga-begini-penjelasan-dokter-4LM6JBNk0p.jpg Pebulutangkis ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo (depan) dan Marcus Fernaldi Gideon. (Foto: PBSI)

MASYARAKAT Indonesia digegerkan dengan kabar pebulutangkis kebanggaan Indonesia Kevin Sanjaya positif covid-19. Fenomena ini tentu menjadi pertanyaan besar, sebab orang yang rajin berolahraga cenderung memiliki imunitas tubuh yang baik.

Dalam Instagram Live beberapa waktu lalu, dokter spesialis kedokteran olahraga Michael Triangto SpKO mengatakan banyak masyarakat yang salah kaprah tentang fungsi olahraga selama pandemi covid-19. Orang awam kerap mengaitkan olahraga dengan imunitas tubuh.

Baca juga: Positif Covid-19, Kevin Sanjaya Hilang Penciuman sejak Desember 2020 

"Olahraga dibagi menjadi tiga yakni untuk kesehatan, prestasi, dan rekreasi. Semua program dan gerakannya beda. Untuk kesehatan intensitasnya ringan dan sedang, untuk prestasi olahraganya berat," kata dr Michael dalam Instagram Live PDSKO.

Kevin Sanjaya. (Foto: PBSI)

Lebih lanjut dr Michael mengatakan di antara olahraga untuk kesehatan dan prestasi, terdapat olahraga rekreasi. Orang yang melakukan olahraga rekreasi artinya tidak mendapat kesehatan atau prestasi.

"Bilamana olahraga untuk kesehatan, kan intensitasnya ringan dan sedang. Nah, tubuh akan lebih tahan terhadap virus. Kalau olahraga rekreasi biasanya intesitasnya lebih tinggi, sementara untuk prestasi lebih tinggi lagi," lanjutnya.

Baca juga: Pamer Foto Mesra, Natasha Wilona dan Kevin Sanjaya Pacaran? 

Ia mengatakan, makin tinggi intensitas seseorang dalam berolahraga maka akan lebih besar membuka peluang terinfeksi. Alhasil, tidak aneh kalau para atlet rentan terinfeksi covid-19 karena imunitas mereka menjadi tidak baik.

"Kalau olahraga paling berat lagi seperti atlet justru lebih sehat? Ini salah, karena mereka tujuannya untuk prestasi. Mereka akan memacu kemampuan tubuhnya sampai melewati batas sehingga imunitas tubuh mereka justru lebih lemah," tuntasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini