Sakit Kulit? Atasi dengan 5 Makanan Ini, Alami dan Ampuh

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Selasa 05 Januari 2021 07:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 481 2338841 sakit-kulit-atasi-dengan-5-makanan-ini-alami-dan-ampuh-DCEznqua0r.jpg Ilustrasi kulit. (Foto Valuavitaly/Freepik)

PARA peneliti terus mengeksplorasi sifat penyembuhan alami dari makanan sehari-hari. Beberapa makanan telah terbukti bermanfaat sebagai obat yang dapat mengobati kondisi infeksi pada sakit kulit.

Infeksi atau sakit kulit adalah invasi tubuh oleh mikroorganisme berbahaya seperti bakteri, virus, jamur, dan parasit. Bukan hanya obat-obatan umum yang bisa menyembuhkan infeksi kulit, beberapa makanan alami memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mencegah atau melawannya.

Baca juga: Kulit Sensitif? 4 Kesalahan Umum Kecantikan yang Harus Dihindari 

Sementara itu, sebagian besar makanan dapat bermanfaat hanya dengan mengonsumsinya. Beberapa bahkan telah terbukti bermanfaat dengan dioleskan ke bagian tubuh yang luka. Meski begitu, pengobatan alami mungkin tidak akan berhasil untuk semua infeksi kulit.

Mengutip dari Healthsite, Selasa (5/1/2021), berikut lima makanan sehari-hari yang bisa membantu melawan atau mencegah sakit kulit.

Sayur kol kubis (Foto: Snapguide)

1. Kubis

Sayuran hijau ini tinggi vitamin C yang membantu tubuh kita melawan virus. Selama bertahun-tahun, daun kubis telah digunakan sebagai tapal untuk menyembuhkan luka sayat, cakaran, sariawan, abses dan luka terinfeksi. Misalnya, Anda dapat menggunakan daun kubis untuk menghilangkan nanah dari kuku kaki yang tumbuh dan dapat menghilangkan infeksi.

2. Minyak kelapa

Ini adalah pengobatan rumahan yang efektif untuk kurap dan infeksi jamur lainnya yang disebabkan oleh Candida. Kandungan asam laurat dan asam kaprilat yang tinggi dalam minyak kelapa dapat melindungi kulit dari mikroorganisme berbahaya sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh, saat dikonsumsi.

Baca juga: Potret Arya Saloka Pakai Turtleneck, Inspirasi Bergaya ala Bos Muda

3. Bawang putih

Bawang putih segar mengandung asam amino yang disebut allicin yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiseptik. Allicin dapat melawan bakteri penyebab jerawat serta mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Mengonsumsi bawang putih segar juga dapat membantu menyingkirkan jamur dan cacing dari saluran pencernaan. Bawang putih juga merupakan obat topikal yang aman untuk infeksi kulit, seperti infeksi jamur dan kutil.

4. Madu

Penelitian telah menunjukkan efek antibakteri madu pada bakteri yang umumnya terdapat pada luka, seperti methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) dan vancomycin-resistant Enterococci (VRE). Dapat dioleskan pada luka dan abses. Anda juga bisa mencampurnya dengan bawang putih dan jahe untuk mendesinfeksi luka.

Baca juga: Malu Punya Stretch Mark? Simak 5 Cara untuk Menghilangkannya 

5. Kunyit

Bahan dapur umum ini adalah obat alami yang sangat baik untuk berbagai kondisi kulit, termasuk jerawat, eksim, dan dermatitis atopik. Berkat sifat anti-inflamasi, antimikroba, dan antioksidannya yang luar biasa, Kunyit juga bisa dimakan atau dioleskan untuk membersihkan luka dan mengobati luka bakar.

Kunyit

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini