3 Kulit yang Rentan Alami Penuaan Dini, Salah Satunya di Bagian Dada

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Senin 04 Januari 2021 18:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 611 2338580 3-kulit-yang-rentan-alami-penuaan-dini-salah-satunya-di-bagian-dada-U3um1HxDvP.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MERAWAT kesehatan kulit memang harus dilakukan, agar kita terlihat selalu segar. Pasalnya, kesehatan kulit merupakan salah satu faktor penuaan yang cukup terlihat jelas pada seseorang.

Oleh karena itu, merawat kulit juga sangat dibutuhkan, apalagi tanda penuan kerap muncul pada kulit, dan terkadang sulit untuk diantisipasi. Mengutip dari mindbodygreend, berikut adalah 3 tempat di tubuh kita yang mengalami penuaan dini paling cepat.

Kulit Pada Bagian Dada

Kulit di dada Anda cukup tipis. Ini membuatnya jauh lebih rentan terhadap kerusakan, baik internal maupun eksternal. Jadi saat kulit Anda memulai menua, akan ada tanda yang muncul di sini sebelum di tempat lain.

"Ini adalah area yang lebih sering diabaikan dalam hal perawatan kulit dan perlindungan dari matahari," jelas dokter kulit bersertifikat, Shereene Idriss, M.D.

Dengan kata lain, banyak orang lupa untuk memperluas area perawatan kulit mereka sampai ke bagian dada, sehingga membuat kerusakan pada kulit akibat sinar UV, cuaca kering, dan pengaruh lingkungan lainnya yang meninggalkan bekas lebih cepat. Hasilnya? Garis halus, lipatan, kulit rapuh, dan kering

kulit dada

Bibir

Bibir Anda akan mengempis dan mengering seiring bertambahnya usia. Bibir menipis dan mengalami dehidrasi karena alasan yang sama pada kulit yang mengendur atau kehilangan kekenyalan, karena hilangnya ceramide, kolagen, elastin, dan asam hialuronat.

Hilangnya kolagen bahkan terjadi sejak usia 20-an, dan terus berkurang sekitar 1% setiap tahun setelahnya. Jadi jika Anda melihat bibir Anda terasa sedikit kurang bagus akhir-akhir ini atau Anda sering menggunakan balsem pada tubuh, ini mungkin alasan Anda mulai menua.

Kulit Di Bawah Mata

Kulit di bawah mata Anda rentan terhadap perubahan paling halus pada tubuh. Hal itu terbukti, ketika Anda kekurangan tidur atau tidak beristirahat di malam hari.

Kulit di bawah mata Anda adalah yang paling tipis pada wajah. Ini yang menjelaskan mengapa kerutan di bawah mata muncul dan menjadi kemungkinan besar pertama kali muncul.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini