Parah, Seorang Tenaga Kesehatan Sengaja Rusak 500 Dosis Vaksin Covid-19

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 04 Januari 2021 11:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 612 2338418 parah-seorang-tenaga-kesehatan-sengaja-rusak-500-dosis-vaksin-covid-19-G78c88AS0S.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: Biospace)

Saat ini dunia tengah berharap banyak kepada vaksin sebagai satu-satunya solusi untuk mengakhiri pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung kurang lebih selama satu tahun.

Tapi sayangnya, di tengah persiapan distribusi vaksin, seorang tenaga kesehatan ini malah melakukan tindakan yang merugikan banyak orang.

Seperti dilapor Unilad, Senin (4/1/2021) diumumkan pada 31 Desember lalu, seorang petugas rumah sakit telah dengan sengaja merusak sebanyak 500 dosis vaksin Covid-19 dengan cara mengeluarkan 57 botol kecil vaksin Moderna di Aurora Medical Center, Wisconsin, Amerika Serikat dan tidak mengembalikannya lagi disimpan di dalam lemari pendingin.

 Vaksin Covid-19

Awalnya, banyak orang yang mengira hal tersebut tak sengaja dilakukan oleh sang petugas. Namun Advocate Aurora Health mengonfirmasi bahwa tindakan tersebut adalah kesalahan yang disengaja.

“Awal pekan ini, kami mengetahui ada 57 botol vaksin Moderna telah dikeluarkan dari lemari es di Aurora Medical Center-Grafton dalam semalam. Ini mengakibatkan lebih dari 500 dosis vaksin dibuang. Kami segera melakukan peninjauan internal dan diyakini bahwa ini disebabkan oleh kesalahan yang tidak disengaja. Tapi, orang yang bersangkutan hari ini mengakui bahwa ia sengaja mengeluarkan vaksin itu dari lemari es,” bunyi pernyataan Advocate Aurora Health.

Akibat dari perbuatannya, sang tenaga kesehatan yang identitasnya dirahasiakan tersebut kini telah ditangkap oleh aparat berwajib. Menurut laporan Milwaukee Journal Sentinel, vaksin yang rusak itu bernilai sekitar USD8000 hingga USD11000 atau kurang lebih Rp110 sampai Rp152,4juta.

Diberitakan, kepolisian Grafton telah merekomendasikan tuduhan kejahatan kepada sang tenaga kesehatan sebagai tindakan yang secara sembrono membahayakan keselamatan, memalsukan obat resep, dan kriminal merusak properti.

Baca juga: 4 Potret Gisel Pakai Celana Pendek Pamer Paha Mulus

Kepolisian Grafton mengonfirmasi bahwa pelaku telah ditahan di Ozaukee County Jail. FBI dan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS dikatakan saat ini masih sedang menyelidiki masalah ini bersama petugas kepolisian.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini