2021 Masih Harus Hadapi Pandemi Covid-19, Ini 8 Cara Tetap Waras

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Senin 04 Januari 2021 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 612 2338447 2021-masih-harus-hadapi-pandemi-covid-19-ini-8-cara-tetap-waras-ky8zwP0AmR.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KEKHAWATIRAN akan pandemi Covid-19 memang bisa memengaruhi kondisi mental seseorang. Menjaga kesehatan mental bukan hanya tentang mengendalikan tingkat stres untuk diri sendiri dan orang lain.

Padahal, menjaga stres Anda terkendali dan sehat membuat kita produktif. Oleh karena itu, jangan biarkan hal-hal kecil membuat Anda sedih.

Berhentilah mengkhawatirkan hal-hal yang belum tentu terjadi. Tapi, jika pikiran Anda berpetualang dengan jelas, maka Anda bisa melindungi kesehatan dengan cara berikut ini, yang dilansir dari lifehack.

Terbuka

Langkah pertama untuk menjaga kesehatan mental Anda adalah dengan berbicara, menceritakan kepada teman atau keluarga tentang apa yang Anda rasakan. Ini bertujuan untuk meringankan pikiran Anda.

stress

Kurangi bermain gadget

Selain dapat merusak kesehatan mata, bermain gadget dan memantau sosial media terus-menerus akan mengganggu kesehatan mental Anda juga. Anda dibuat semakin khawatir dan cemas mengenai informasi yang Anda dapatkan di sosial media.

Hindari narkoba dan alkohol

Ini hanya akan membahayakan diri Anda sendiri dan dapat berakibat fatal. Mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang tidak dapat menyelesaikan masalah Anda.

Jaga pola makan

Para ahli medis menyebut usus adalah "otak kedua". Alasannya adalah karena saluran pencernaan memiliki lebih banyak ujung saraf daripada di mana pun di tubuh selain otak. Setiap apa yang Anda konsumsi dapat memengaruhi saraf usus tersebut.

Perhatikan asupan dan camilan Anda. Makan makanan yang bergizi, seperti buah-buahan segar, sayur-mayur, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak.

Tetap produktif

Kesehatan fisik dan mental Anda sangat penting dijaga. Olahraga teratur dapat mengurangi gejala depresi dan kecemasan secara efektif. Pilih olahraga ringan atau yang Anda sukai agar tubuh Anda tetap bugar. Aroma udara segar dan sinar matahari di kulit Anda yang dapat menghilangkan stres.

Istirahatkan diri

Anda telah lelah bekerja seharian, belum lagi ditambah dengan masalah-masalah yang dihadapi di hari itu. Istirahatkan tubuh Anda, jangan tidur larut malam. Rehatlah sejenak dengan membaca buku, pergi jalan-jalan, atau berbincang dengan teman.

Lakukan hobi

Cobalah menyelami hobi favorit Anda. Mempraktikkan hobi membantu Anda fokus pada apa yang Anda lakukan, sehingga Anda kehilangan jejak dunia di sekitar Anda.

Minta bantuan

Jika Anda merasa kehabisan tenaga, jangan ragu untuk menghubungi psikolog. Meskipun keluarga dan teman Anda bisa membantu, tetapi tidak dapat memberikan tingkat dukungan yang dapat diberikan oleh pakar kesehatan mental.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini