Unik! Rumah Ini Bisa Dilipat, Gampang Dipindah dan Cuma Butuh 3 Jam Dibangun

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Senin 04 Januari 2021 14:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 612 2338525 unik-rumah-ini-bisa-dilipat-gampang-dipindah-dan-cuma-butuh-3-jam-dibangun-Nv6gJ92o3M.jpg Rumah lipat yang sangat praktis buatan startup Latvia. (Foto: Oddity Central)

PERNAHKAH Anda bermimpi untuk memiliki rumah lipat yang bisa bergerak ke mana pun dan kapan pun? Sebagian dari orang mungkin akan mengatakan itu hanyalah angan-angan yang tidak masuk akal. Namun, sebuah startup asal Latvia mewujudkan rumah yang bisa dilipat.

Mereka mulai memproduksi rumah lipat yang unik pada Desember lalu. Desain dan teknologinya yang inovatif memberikan kesan cukup baik bagi masyarakat umum dan ahli perumahan.

Baca juga: Ini Perumahan Terapung Paling Canggih di Dunia, Gampang Dipindahkan Lho 

Menggunakan kayu laminasi silang sebagai bahan konstruksi utama, mereka dapat membangun sebuah perumahan dalam waktu 8 minggu, kemudian memasangnya di mana saja dalam kurun waktu 3 sampai 4 jam.

Dikarenakan tidak memerlukan fondasi permanen, rumah lipat ini bisa dipindahkan kapan saja, dan berdampak minimal pada lahan tempatnya didirikan.

Rumah lipat yang sangat praktis buatan startup Latvia. (Foto: Oddity Central)

Meskipun tidak muncul dengan konsep rumah lipat, startup tersebut memang memperkenalkan serangkaian inovasi, seperti mekanisme putar engsel logam yang dipatenkan dan fitur ruang ganda yang meningkatkan ruang sebesar 149 persen. Ini menjadikan beberapa rumah mungilnya sebagai yang terbaik di pasar.

Setiap rumah yang dibuat juga dilengkapi hampir semua fasilitas utama seperti saluran pembuangan, kabel listrik, dan pipa ledeng. Ini jadi bonus yang cukup besar.

Baca juga: Ini Rumah Paling Sepi di Dunia, Berdiri Sendirian di Pulau Terpencil 

"Setelah bertahun-tahun di industri kayu, kami menyimpulkan bahwa manufaktur prefabrikasi adalah yang paling banyak dan terkini untuk membangun rumah," kata Gennadii Bakunin dari startup Latvia Brette Haus, seperti dikutip dari Oddity Central, Senin (4/1/2021).

"Ini seperti ketika Anda bermain Lego. Anda memiliki bagian-bagian terpisah yang harus disatukan. Kami mengaplikasikan Lego kepada pelanggan dan kemudian membangun rumah mungil yang sempurna untuk langsung pindah," ujarnya.

Mereka saat ini menawarkan tiga desain rumah serbaguna dengan ukuran bervariasi antara 20 hingga 50 meter persegi. Opsi seluas 70 meter persegi saat ini sedang dikerjakan.

Baca juga: Niatnya Hunian Ramah Lingkungan, Perumahan Ini Malah Mirip Film Kiamat 

Tempat tinggal yang dapat dilipat dapat diangkut hampir ke mana saja, dan dipasang dalam waktu sekitar 3 jam, ini menggunakan derek kecil.

Mereka membutuhkan waktu sekira 8 minggu untuk membangun satu rumah lipat. Namun berencana mempersingkatnya menjadi setengahnya dengan memperbesar ruang produksi dan meningkatkan tingkat produksi.

 Rumah lipat yang sangat praktis buatan startup Latvia. (Foto: Oddity Central)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini