Mau Pelihara Anjing? Jangan Lupa Siapkan Sederet Peralatan Berikut

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 04 Januari 2021 21:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 612 2338663 mau-pelihara-anjing-jangan-lupa-siapkan-sederet-peralatan-berikut-puGlr63SBg.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PANDEMI virus corona Covid-19 yang belum kunjung usai membuat masyarakat menjadi bosan karena harus melakukan aktivitasnya dari rumah. Alhasil salah satu cara alternatif untuk mengusir kebosanan yakni dengan memelihara hewan peliharaan.

Dari sekian banyak hewan peliharaan, anjing menjadi salah satu hewan favorit. Selain aktif, anjing juga suka bermain dan dapat dilatih dengan baik. Namun, sebelum memutuskan untuk memelihara anjing, ada baiknya Anda berkomitmen dan menyiapkan berbagai keperluannya.

Merangkum dari buku Anjing Pedia karya T.J. Resler dan Gary Weitzman, berikut segala macam peralatan yang Anda butuhkan sebelum memelihara anjing. Yuk disimak.

 

Kandang atau box main

Anak anjing membutuhkan tempat yang aman sang pemilik tidak bersama dengannya. Berikan kandang terbuka dan jangan lupa berikan alas yang nyaman, air minum dan mainan yang sesuai dengan anak anjing.

anjing

Ranjang

Gunakan alas empuk yang dapat dicuci. Jangan terkejut apabila anak anjing menggigit atau buang air di alas tempat tidurnya.

Mangkuk anjing

Gunakan dua mangkuk, pilih bahan baja nirkarat yang paling mudah dibersihkan. Mangkuk air harus terisi penuh.

Kalung tanda pengenal

Gunakan kalung yang kecil dan nyaman untuk digunakan, jangan model mencekik. Anda perlu mengganti kalung tersebut apabila sudah tidak muat. Jangan lupa pasangkan nama si anjing dan nomor kontak Anda yang dapat dihubungi.

Tali tuntun

Tali biasa sepanjang 1,8 meter dengan kancing yang kuat bisa menjadi pilihan terbaik. Pilih tali yang sesuai untuk memberikan kendali atas anjing.

Alat perawatan

Sarung tangan khusus mungkin sangat berguna apabila anjing yang Anda pelihara memiliki bulu yang panjang. Sikat dan sisir juga bisa menjadi pilihan tepat lainnya. Gunting kuku, sikat gigi, dan pasta gigi khusus anjing adalah peralatan lain yang Anda butuhkan.

Mainan

Pastikan mainan dirancang khusus untuk anjing. Anak anjing memerlukan mainan yang lembut, sementara anjing dewasa menyukai mainan dengan berbagai macam tekstur.

Makanan anjing

Mintalah rekomendasi dokter hewan untuk menentukan makanan anjing yang bermutu.

Tali kekang (tidak wajib)

Sebagian orang memilih tali kekang yang dikenakan di tubuh untuk mengurangi tekanan pada leher anjing.

Pagar (tidak wajib)

Pagar penghalang anjing dapat mencegah hewan peliharaan Anda memasuki bagian rumah yang tidak diinginkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini