Masih Ingin Tambah Koleksi Buku di 2021? Intip Tipsnya agar Tak Menjadi Kuning

Highend, Jurnalis · Senin 04 Januari 2021 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 612 2338710 masih-ingin-tambah-koleksi-buku-di-2021-intip-tipsnya-agar-tak-menjadi-kuning-Zb4PVUWlGT.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MESKIPUN saat ini sudah mengadopsi zaman digital, tapi masih ada loh mereka yang lebih suka membaca buku secara fisik. Bagi beberapa orang, me time membaca buku hanya bisa dilakukan dengan buku berbentuk fisik.

Sayangnya, berbeda dengan versi digital, buku-buku yang masih memiliki wujud fisik, halamannya rentan berubah menjadi kekuningan dan kecoklatan seiring dengan bertambahnya waktu.

Hal ini dikarenakan oleh bahan dasar buku, yang berupa kertas. Kertas berasal dari kayu yang mengandung sellulosa dan komponen kayu bernama lignin. Lignin dan selulosa merupakan dua komponen yang rentan terhadap oksidasi.

Dengan adanya oksidasi, kertas akan berubah menjadi kekuningan, dan pada akhirnya menjadi kecokelatan. Untuk menghindari hal ini, simak beberapa cara merawat buku-buku Anda agar tidak cepat menguning, seperti dilansir dari Highend.

buku

Jaga Kelembaban dan Suhu

Ada udara, berarti ada kelembaban, Kertas dengan mudah menyerap kelembaban dari udara, yang menyebabkan rusaknya kertas. Kelembaban udara yang ideal berkisar dari 30-50%. Naik-turunnya suhu tidak bagus untuk buku.

Panas yang berlebihan akan merusak buku, namun jika terdapat fluktuasi suhu yang terlalu besar (seperti dengan dinyalakannya AC), maka buku akan cepat menguning. Oleh karena itu, simpanlah buku di ruangan yang relative sejuk dan juga kering.

Amankan dari Off-Gassing

Gunakan lining paper untuk memberi batas antara buku dan rak buku, sehingga menghindarkannya dari gas dilepaskan oleh rak kayu tersebut. Off-gassing ini juga terjadi pada buku, oleh karena itu, jauhkanlah buku yang sudah menguning (yang tingkat off-gassing-nya juga tinggi) dengan buku yang kondisinya masih bagus.

Hindarkan dari Sinar Matahari

Sinar matahari memancarkan sinar UV yang dapat merusak kertas. Inilah sebabnya buku-buku dan dokumen kuno di perpustakaan dan museum selalu mengarsipkannya di dalam ruangan dengan UV filter. Untuk merawat dan melindungi buku Anda, simpanlah di dalam ruangan ketika tidak dibaca, dan jauhkan dari sinar matahari langsung.

Sirkulasi Udara yang Terkontrol

Dilansir dari bookwritten.com, buku dan rak kayu dengan berjalannya dengan waktu, akan melepaskan bahan kimia yang berbahaya dalam bentuk gas. Hal ini disebut ‘off-gassing’.

Gas ini akan berdampak buruk pada buku-buku Anda karena akan memicu menguningnya lembar-lembar buku. Oleh karena itu, pastikan adanya sirkulasi udara yang memadai di ruangan dan sekitar rak buku Anda.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini