Suka Ngemil Kuaci? Ini Lho 4 Manfaatnya untuk Kesehatan

Uthari Handayani, Jurnalis · Selasa 05 Januari 2021 08:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 05 298 2338936 suka-ngemil-kuaci-ini-lho-4-manfaatnya-untuk-kesehatan-weTflx5Kbv.jpg Kuaci atau biji bunga matahari ternyata memberi banyak manfaat untuk kesehatan. (Foto: 8photo/Freepik)

KUACI adalah camilan yang berasal dari biji bunga matahari. Penganan ini sudah lama dikenal banyak orang karena rasanya enak dan gurih, cocok dinikmati ketika sedang santai. Tapi tahukah kamu, kuaci ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Biji bunga matahari atau kuaci memiliki bentuk kecil lonjong dengan cangkang hitam bergaris putih. Sensasi menikmati dan tekstur empuk biji kuaci yang lembut membuat siapa pun susah untuk berhenti memakannya.

Baca juga: Risol Mayo Gurih, Camilan Lezat agar Selalu Semangat Ngantor 

Mengutip dari WebMD, Selasa (5/1/2021), kuaci mengandung protein, lemak sehat, dan antioksidan. Selain itu ada juga vitamin E, vitamin B1, vitamin B, besi, magnesium, selenium, serta potasium.

Namun, perlu diingat bahwa kebanyakan kuaci diberi garam. Pilihlah yang tidak berasa supaya mendapatkan manfaat lebih.

Kuaci. (Foto: Food NDTV)

Kuaci juga memiliki kalori yang tinggi, sebaiknya konsumsi tidak lebih dari ¼ cangkir dalam sehari. Lalu apa saja manfaat yang diberikan?

Baca juga: Dessert Kekinian Molten Lava Cake, Bikin Sendiri di Rumah, Yuk

1. Mengurangi peradangan

Kuaci mengandung vitamin E, flavonoid, dan senyawa tanaman lain yang dapat mengurangi peradangan. Kemudian juga menurunkan faktor risiko beberapa penyakit kronis.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Dapat meningkatkan kesehatan jantung karena biji bunga matahari memiliki lemak tak jenuh ganda dan tunggal. Konsumsi biji bunga matahari dikaitkan dengan penurunan tingkat penyakit kardiovaskular, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh salah satunya dengan memenuhi vitamin dan mineral. Ini bisa didapatkan dari biji bunga matahari. Kandungan sengnya membantu tubuh memelihara dan mengembangkan sel-sel kekebalan. Sementara selenium berperan dalam mengurangi peradangan, melawan infeksi, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca juga: Cupcake Putih Telur, Cocok untuk 'Teman' Minum Teh dan Kopi 

4. Meningkatkan energi

Vitamin B, vitamin B1, dan selenium yang dikandung bijinya dapat mengubah makanan menjadi energi, meningkatkan aliran darah, dan memberikan lebih banyak oksigen pada tubuh. Sehingga, berkhasiat untuk membantu aktif sepanjang hari.

Kuaci

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini