8 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Sebelum Olahraga

Uthari Handayani, Jurnalis · Selasa 05 Januari 2021 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 05 298 2339181 8-makanan-dan-minuman-yang-harus-dihindari-sebelum-olahraga-wmukbMRBxx.jpg Brokoli (Foto: Good House Keeping)

Olahraga bisa maksimal jika diawali dengan mengisi perut dengan beberapa makanan sehat. Ini dapat membantu meningkatkan energi dan pembentukan otot.

Idealnya, sebelum berolahraga seseorang harus memiliki tenaga yang dihasilkan dari asupan nutrisinya seperti kombinasi karbohidrat dan protein. Rentang waktu dari makan ke olahraga juga perlu diperhatikan. Setiap orangnya berbeda, tapi rata-rata baiknya dilakukan pada 1-3 jam sebelumnya.

Namun, menurut laporan Webmd, ada beberapa makanan yang perlu dihindari sebelum melakukan olahraga karena akan mengganggu proses dan hasilnya. Apa saja?

granola 

1. Granola atau protein bars

Granola atau protein bars memang praktis, tapi perlu diperiksa labelnya. Dua makanan ini bisa jadi mengandung banyak gula. Dengan begitu tubuh akan merasa cepat lelah dan berhenti berolahraga.

 

2. Sayuran berserat tinggi

Tubuh memang membutuhkan serat, salah satunya dari sayuran. Tapi beberapa sayuran berserat tinggi seperti brokoli, kubis, dan kembang kol malah akan membuat tidak nyaman. Cobalah dengan sayuran lain yang lebih mudah dicerna, misalnya asparagus dan kentang.

3. Makanan tinggi lemak

Makanan tinggi lemak terdapat pada daging merah. Jika memakannya sebelum berolahraga bisa membuat tubuh bekerja lebih keras untuk mengubah lemak menjadi energi. Bahkan tubuh akan mulai lelah bahkan sebelum memulai olahraga.

4. Yogurt

Seperti granola dan protein bars, saat ingin memakan yogurt sebelum berolahraga. Cobalah untuk memeriksa labelnya terlebih dahulu. Merek tertentu bisa tinggi akan gula dan lemak.

5.Smoothies

Smoothies mungkin bagus untuk menghidrasi dan menutrisi, tapi satu smoothies dapat memiliki 800 kalori di dalamnya.

6. Makanan cepat saji

Lemak dan gula yang terdapat pada makanan cepat saji akan menghalangi untuk mendapatkan hasil olahraga yang maksimal. Cobalah untuk menggantinya dengan memakan pisang dan selai kacang, atau telur rebus.

7. Minuman berenergi

Minuman berenergi dapat membuat gelisah dan meningkatkan detak jantung serta tekanan darah. Lebih baik menghindari minuman satu ini.

8. Soda

Soda terdiri dari gula dan kafein. Selain itu, soda juga berkalori tinggi. Sehingga soda bukanlah minuman yang tepat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini