Tidak Semua Penyintas Covid-19 Bisa Donor Plasma Konvalesen, Ini Kriterianya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 05 Januari 2021 08:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 05 481 2338945 tidak-semua-penyintas-covid-19-bisa-donor-plasma-konvalesen-ini-kriterianya-AQQbJ5thwv.jpg Ilustrasi terapi plasma konvalesen. (Foto: Prostooleh/Freepik)

TERAPI plasma konvalesen disebut-sebut dapat mempercepat penyembuhan pasien covid-19. Pengobatan ini bahkan sudah mulai diterapkan di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Terkait hal itu, Dokter Elida Marpaung M Biomed yang merupakan Tim Peneliti Plasma Konvalesen Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) mengatakan bahwa terapi plasma konvalesen biasanya diberikan untuk pasien covid-19 yang mengalami gejala sedang dan berat.

Baca juga: Menyelisik Terapi Plasma Konvalesen Covid-19, Dinilai Ampuh Percepat Penyembuhan 

Untuk melakukan terapi plasma konvalesen, pihak dokter harus menyiapkan plasma darah yang diambil dari penyintas covid-19. Kendati demikian, tidak semua penyintas covid-19 dapat mendonorkan plasma darahnya. Ada kriteria dan persyaratan yang harus dipenuhi pendonor.

Kriteria tersebut antara lain pendonor harus berusia 17 sampai 50 tahun, sudah sembuh dari covid-19 minimal 14 hari, bisa menunjukkan jasil swab positif dan negatif, tidak memiliki penyakit komorbid, lolos uji imunoserologi, dan diutamakan laki-laki.

Untuk persyaratan terakhir perlu digarisbawahi karena dapat memengaruhi kualitas dan efektivitas plasma darah yang didonorkan.

Baca juga: Kemenkes Dorong Dinkes Terapkan Terapi Plasma Konvaselen untuk Pasien Covid-19 

"Kenapa sebaiknya laki-laki? Karena pada perempuan yang sudah pernah hamil. Mereka memiliki antibodi Human Leucocyt Antigen (HLA) yang bisa menimbulkan reaksi pada pasien yang menerima," terang dr Elida.

Sehingga menurut beberapa penelitian memang lebih aman bila pendonor berjenis kelamin laki-laki.

"Perempuan pun sebetulnya bisa mendonor, tapi harus diperiksa dahulu, dan proses pemeriksaannya membutuhkan biaya yang cukup tinggi," tandasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini