Share

Sariawan? Atasi Saja dengan 5 Asupan Ini, Cukup Efektif Lho

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 05 Januari 2021 09:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 05 481 2338982 sariawan-atasi-saja-dengan-5-asupan-ini-cukup-efektif-lho-AUbUVauDM5.jpg Ilustrasi sakit sariawan. (Foto: Kin)

SARIAWAN merupakan penyakit yang kerap menyerang gusi dan mulut. Meskipun terasa sakit serta menjadi sulit untuk berbicara atau makan, biasanya tidak menyebabkan kerusakan yang bertahan lama. Kebanyakan sariawan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

Akan tetapi, merasakan sariawan terus-menerus tentu menimbulkan ketidaknyamanan, bahkan mengganggu aktivitas.

Baca juga: Anak Sariawan, Obat Oles atau Kumur yang Manjur Diberikan? 

Oleh karena itu, berikut Okezone paparkan jenis asupan yang bisa digunakan untuk mengobati sariawan, sebagaimana dinukil dari Healthline, Selasa (5/1/2020).

1. Yogurt

Penyebab pasti sariawan tidak diketahui. Beberapa kasus mungkin disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori (H pylori) atau penyakit radang usus. Studi dari 2007 telah menunjukkan bahwa kultur probiotik hidup seperti lactobacillus dapat membantu memberantas H pylori dan mengobati beberapa jenis penyakit radang usus.

Secara teori, jika salah satu dari kondisi tersebut menyebabkan sariawan, makan yogurt yang mengandung kultur probiotik hidup dapat membantu. Untuk membantu mencegah atau mengobati sariawan, makanlah setidaknya 1 cangkir yogurt setiap hari.

Yogurt

2. Madu

Madu dikenal dengan kemampuan antibakteri dan antiradangnya. Menurut studi pada 2014, madu efektif dalam mengurangi nyeri sariawan, ukuran, dan kemerahan. Ini juga dapat membantu mencegah infeksi sekunder. Untuk pemakaiannya, oleskan madu ke bagian yang sakit empat kali sehari.

Semua madu tidak diciptakan sama. Kebanyakan madu yang ada di toko bahan makanan telah dipasteurisasi dengan suhu tinggi, yang menghancurkan sebagian besar nutrisi. Madu yang tidak dipasteurisasi, tanpa filter, seperti madu Manuka, kurang diproses dan mempertahankan khasiat penyembuhannya.

Baca juga: Manfaat Kencur untuk Cegah Jerawat hingga Bantu Sembuhkan Sariawan 

3. Minyak kelapa

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak kelapa memiliki kemampuan antimikroba. Ini dapat menyembuhkan sariawan yang disebabkan oleh bakteri dan mencegahnya menyebar.

Minyak kelapa juga merupakan anti-inflamasi alami dan dapat membantu mengurangi kemerahan dan nyeri. Untuk menggunakannya, oleskan minyak kelapa ke bagian yang sakit. Oleskan kembali beberapa kali sehari sampai sariawan Anda hilang.

Minyak kelapa

4. Susu magnesia

Susu magnesia mengandung magnesium hidroksida. Ini adalah penetral asam dan pencahar. Digunakan secara oral, ini dapat mengubah pH di mulut Anda sehingga luka tidak dapat berkembang. Ini juga melapisi luka untuk membantu mencegah iritasi dan menghilangkan rasa sakit.

Oleskan sedikit susu magnesia ke sariawan Anda. Biarkan selama beberapa detik, lalu bilas. Ulangi hingga tiga kali sehari.

Susu

Baca juga: Puasa Sangat Rentan dengan Sariawan, Kenapa? 

5. Suplemen vitamin B kompleks

Anda mungkin lebih sering terkena sariawan jika makanan yang dikonsumsi rendah vitamin B-12. Namun, tidak jelas bagaimana vitamin B-12 menyembuhkan sariawan. Menurut sebuah studi pada 2017, peserta yang mengonsumsi 1.000 mikrogram vitamin B-12 setiap hari memiliki lebih sedikit wabah sariawan, lebih sedikit luka secara keseluruhan, dan lebih sedikit rasa sakit daripada mereka yang menggunakan plasebo.

Vitamin B lain juga dapat membantu. Suplemen vitamin B kompleks mengandung semua delapan vitamin B, termasuk B-12. Suplemen vitamin B kompleks dapat menyebabkan efek samping, jadi konsultasikan dengan dokter sebelum digunakan.

Suplemen

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini