Ini Waktu yang Tepat untuk Olahraga agar Tidur Juga Lebih Berkualitas

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 05 Januari 2021 17:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 05 481 2339345 ini-waktu-yang-tepat-untuk-olahraga-agar-tidur-juga-lebih-berkualitas-Tf151YSxTl.jpeg Ilustrasi olahraga. (Foto: Deden Darmansyah/Okezone)

PENTING bagi semua orang untuk menjaga kesehatan tubuh. Caranya bisa dengan berbagai macam, di antaranya adalah menjaga rutinitas olahraga dan pola tidur. Sebab dengan olahraga yang baik maka akan menghasilkan tidur lebih berkualitas.

Olahraga maupun tidur memang penting untuk menghasilkan tubuh bugar. Namun dengan situasi pandemi covid-19 ini, jadwal tidur atau olahraga bisa saja berubah.

Baca juga: 8 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Sebelum Olahraga 

Akan tetapi, lebih banyak berada di dalam rumah ketika masa pandemi sebenarnya bisa juga tetap berolahraga. Tinggal mengatur waktu yang terbaik di luar aktivitas bekerja.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa waktu berolahraga dapat sangat menentukan kualitas tidur seseorang di malam hari. Kapan saja waktu itu? Berikut penjelasannya, seperti dikutip dari Times of India.

Bagaimana Olahraga Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur?

Meskipun para ahli masih belum dapat memerinci bagaimana tepatnya olahraga memengaruhi tidur, ada sejumlah cara yang mungkin menjadi penyebabnya. Latihan senam ringan diketahui bisa meningkatkan jumlah tidur nyenyak. Pasalnya, tubuh Anda memiliki kesempatan terbaik untuk memulihkan diri.

Olahraga juga menyeimbangkan suasana hati dan membantu menenangkan pikiran yang sangat membantu dalam memastikan Anda tidur nyenyak. Beberapa ahli juga menilai naiknya suhu tubuh akibat berkeringat saat berolahraga juga bisa membantu dalam mengatur tidur.

Baca juga: 5 Olahraga untuk Pegawai Kantoran, Ampuh Cegah Sakit Leher dan Punggung Lho 

Kapan Waktu Terbaik Olahraga?

Waktu olahraga dianggap berpengaruh nyata terhadap kualitas tidur Anda. Olahraga di pagi hari dianggap tidak membuat suhu tubuh cukup tinggi untuk tidur nyenyak. Di sisi lain, berolahraga terlalu cepat sebelum tidur dapat mengganggu adrenalin.

Oleh karena itu, waktu paling efektif hari adalah sekitar sore hari. Sesi sore memberi suhu tubuh waktu yang cukup untuk naik dan turun pada saat Anda harus tidur.

Sementara jika Anda olahraga larut malam, mungkin akan lebih sulit untuk tetap tertidur. Ini mungkin karena kenaikan suhu inti tubuh dan juga detak jantung Anda yang tidak turun membuat sistem saraf gelisah.

Olahraga ringan beberapa jam sebelum waktu tidur sebenarnya bagus untuk tidur Anda. Sebaliknya, latihan beban yang dilakukan kapan saja sepanjang hari bermanfaat untuk kualitas tidur Anda.

Latihan beban memiliki dampak yang lebih kecil pada tubuh dibandingkan dengan latihan kardio dan oleh karena itu lebih baik dilakukan sangat dekat dengan waktu tidur Anda. Selain itu, tidur setelah sesi latihan beban memperbaiki kerusakan otot.

Baca juga: Ini 5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil, Ikuti Tips Amannya Ya 

Perhatikan Jam Tubuh Anda Sendiri

Para ahli menyarankan agar rutinitas olahraga harus sesuai dengan jam tubuh Anda. Jika Anda bangun pagi, ada baiknya untuk berolahraga pagi, dan sore hari untuk orang yang bangun siang. Penting untuk bereksperimen dan menemukan rutinitas dan waktu yang tepat untuk Anda.

Pemanasan sebelum olahraga. (Foto: Active)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini