7 Tanda Anda Membutuhkan Kacamata Baru, Apa Saja?

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Selasa 05 Januari 2021 13:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 05 612 2339147 7-tanda-anda-membutuhkan-kacamata-baru-apa-saja-I7GMlVSMVc.jpg Butuh kacamata baru (Foto: Specsavers)

Perubahan gaya hidup setahun belakang ini akibat pandemi membuat Anda menghabiskan waktu di depan TV, komputer, dan ponsel. Anda terkadang melihat sekitar tampak kabur atau tidak jelas, bahkan saat mengenakan kacamata.

Jadi, apakah ini saatnya Anda ganti kaca mata baru? Melansir dari The Healthy, berikut ini tujuh tanda Anda membutuhkan kacamata baru. Apa saja?

 pakai kacamata

1. Mata terasa sakit

"Jika Anda mengeluh bukan hanya jarak, tetapi karena lensa kacamata salah, otot mata mungkin bekerja sedikit lebih keras,” kata Dr. Garg, Pakar Mata. Dengan mata yang bekerja lebih keras, mungkin mata akan terasa sakit, lelah, berair, atau kering.

2. Mengalami sakit kepala

Kelelahan mata dapat membuat sakit kepala. Saat mata Anda bekerja lebih keras dari yang seharusnya, akan terasa sakit di sekitar mata, terutama setelah membaca buku, menatap komputer, dan melihat papan tulis.

3. Terus menyipitkan mata

Sedikit menutup kelopak mata membuat cahaya masuk lebih sedikit, sehingga mambantu Anda mendapatkan gambaran yang lebih jelas saat penglihatan tidak tepat. Menyipitkan mata dapat mengimbangi resep kaca mata yang sedikit meleset, tetapi jangan dibiarkan terlalu lama karena akan memperburuk penglihatan Anda, dan berakhir sakit kepala. Maka sebaiknbya Anda berganti kacamata.

4. Mengurangi cahaya yang masuk ke mata

“Cahaya yang terang bisa sangat membebani mata, terutama jika Anda tidak memiliki resep yang tepat,” kata Dr. Garg. Mungkin Anda perlu menurunkan kecerahan TV agar mata tidak terlalu banyak bekerja.

5. Sering menyesuaikan komputer

Seringkali Anda menyesuaikan komputer agar lebih baik? Mungkin masalahnya ada pada mata Anda, bukan pengaturan komputer.

“Sering kali pasien mengatakan mereka harus duduk lebih jauh dari layar komputer untuk melihat lebih baik atau meletakkan beberapa buku di bawah komputer dan hal-hal seperti itu,” kata Dr. Garg. Penyesuaian itu merupakan tanda untuk pergi ke dokter mata.

 

6. Merasa mual

Kedua mata Anda menciptakan dua gambar yang disatukan otak sehingga menciptakan gambar yang mulus. Namun jika salah satu mata memiliki penglihatan yang lebih kabur, bayangan miring tersebut bisa membuat Anda merasa mual.

 

7. Lebih dari setahun tak periksa mata

“Setahun sekali adalah jumlah waktu yang dibutuhkan untuk mengganti resep untuk mata,” kata Dr. Garg. Periksa mata setahun sekali akan membuat mata menjadi lebih stabil. Anda bisa kontrol dua atau tiga tahun, tetapi dia menyarakan untuk melakukan pemeriksaan mata setahun sekali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini