5 Cara Memberitahu Pacar jika Anda Butuh Me Time

Uthari Handayani, Jurnalis · Selasa 05 Januari 2021 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 05 612 2339212 5-cara-memberitahu-pacar-jika-anda-butuh-me-time-XJ0MdrzrAs.jpg Butuh me time (Foto: Elite Daily)

Selalu ada keadaan di mana seseorang di dalam hubungan cinta terkadang ingin sendirian alias ingin me time. Memang me time perlu dilakukan agar diri sendiri merasa utuh kembali.

Mengutip dari Good House Keeping, Psikolog Guy Winch menjelaskan, hal-hal yang menghalangi kebebasan pribadi bisa berdampak pada kondisi mental. Oleh karena itu, setiap orang berhak mendapatkan me time, dan ini bukanlah tanda adanya masalah dalam hubungan tertentu.

Kiranya orang di sekitar mengetahui dan memberikan pengertian saat kita membutuhkan waktu sendiri dengan memberitahunya lewat beberapa cara berikut ini.

 butuh me time

1. Beritahu dia me time bukan berarti ada masalah

Ketahuilah bahwa menginginkan me time bukan berarti terjadi masalah di sebuah hubungan cinta. Namun, yang jadi salah adalah ketika tidak berbicara ke pacara Anda tentang kebutuhan ini.

 

2. Pikirkan tentang jenis me time yang dibutuhkan

Pertimbangkan untuk melakukan rutinitas lama dan baru apa yang akan dilakukan. Selalu penuhi aktivitas tersebut demi tercapainya keutuhan diri yang dulu.

3. Cari waktu yang tepat

Waktu yang tepat untuk mendiskusikan permintaan ini bisa sangat berpengaruh. Hindari saat-saat pacar sedang dalam keadaan melakukan sesuatu yang penting. Bersabarlah.

4. Bersikap terbuka

Bersikap terbuka artinya harus mengedepankan kejujuran saat membicarakannya dengan pacar. Fokus pada tujuan sendiri dan hindari pengalihan topik pembicaraan.

5. Jelaskan berapa lama membutuhkan me time

Saat membutuhkan me time atau waktu sendiri, tentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan. Dokter Robin Stern menyarankan, “Jelaskan terlebih dahulu tentang kebutuhan me time ini dan luangkan waktu sejenak untuk mengatur emosi agar merasa tenang untuk memulai pembicaraan.”

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini