8 Cara Alami Atasi Cemas Berlebihan

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Selasa 05 Januari 2021 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 05 612 2339217 8-cara-alami-atasi-cemas-berlebihan-1y0Igpuk65.jpg Merasa cemas (Foto: Mindful)

Sebagian orang mungkin mengalami stres dan cemas kronis. Saking cemasnya, mereka menghadapi gejala seperti gugup, agitasi, tegang, jantung berdebar kencang, dan nyeri dada.

Faktanya, kecemasan adalah salah satu masalah kesehatan mental yang paling umum. Dalam beberapa kasus, kondisi kesehatan lain seperti tiroid yang terlalu aktif, dapat menyebabkan gangguan kecemasan.

Berikut ini Okezone telah merangkumkan pengobatan alami yang aman untuk mengatasi gejala stres atau cemas yang berlebihan, dilansir dari Medical News Today. Tapi tentu saja, penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba pengobatan ini.

 olahraga

1. Olahraga

Sebuah penelitian mendukung olahraga sebagai cara yang bagus untuk membakar energi dari kecemasan. Olahraga juga dapat membantu mengatasi kecemasan yang disebabkan oleh stres. Hasil studi tahun 2016 menunjukkan, bahwa olahraga juga dapat bermanfaat bagi orang yang memiliki kecemasan terkait berhenti merokok.

2. Meditasi

Meditasi dapat membantu memperlambat pikiran yang rumit, sehingga lebih mudah untuk mengelola stres dan kecemasan. Salah satunya dengan yoga, yang bisa Anda lakukan di rumah. Sebuah tinjauan meta-analitik 2010 menunjukkan, hal ini bisa sangat bekerja dengan efektif untuk orang-orang dengan gangguan yang berkaitan dengan suasana hati dan kecemasan.

3. Latihan relaksasi

Latihan relaksasi progresif dapat membantu mengurangi kecemasan yang telah membuat Anda mengatupkan rahang dan otot yang menjadi kencang, secara tidak sadar. Cobalah berbaring dalam posisi yang nyaman. Perlahan-lahan rilekskan setiap otot, dimulai dengan jari-jari kaki hingga bahu dan rahang.

4. Menulis

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menulis jurnal dan bentuk tulisan lainnya dapat membantu orang mengatasi kecemasan dengan lebih baik. Sebuah studi tahun 2016 menemukan, bahwa menulis kreatif dapat membantu anak-anak dan remaja untuk mengatasi kecemasan.

5. Strategi manajemen waktu

Strategi manajemen waktu yang efektif dapat membantu orang untuk fokus pada satu tugas dalam satu waktu. Perencana ini dapat membantu, seperti halnya menahan keinginan untuk melakukan banyak tugas.

6. Aromaterapi

Minyak tumbuhan yang wangi dan menenangkan dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Salah satunya, wangi lavender. Aromaterapi dapat mengurangi detak jantung dalam jangka pendek dan membantu meringankan masalah tidur dalam jangka panjang.

7. Teh herbal

Beberapa orang menganggap proses membuat dan minum teh dapat menenangkan pikiran. Tetapi, ada juga beberapa teh mungkin memiliki efek langsung ke otak sehingga dapat mengurangi kecemasan. Seperti teh kamomil, yang dipercaya dapat mengubah kadar kortisol atau hormon stres.

8. Menghabiskan waktu bersama hewan peliharaan

Penelitian tahun 2018 mengonfirmasi bahwa hewan peliharaan dapat bermanfaat bagi orang-orang dengan berbagai masalah kesehatan mental, termasuk kecemasan, stres, bahkan trauma. Hal ini membantu meningkatkan kesehatan psikologis Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini