Daftar Makanan yang Boleh Dikonsumsi Sebelum Tidur atau ketika Kerja Malam

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Rabu 06 Januari 2021 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 06 298 2339721 daftar-makanan-yang-boleh-dikonsumsi-sebelum-tidur-atau-ketika-kerja-malam-Cdb5UEsNOq.jpg Puding makanan yang boleh dikonsumsi ketika larut malam. (Foto: Freepik)

BANYAK orang merasa lapar ketika terbangun dari tidur. Sementara tidak disarankan ngemil atau mengonsumsi makanan berat ketika sudah larut malam, karena bisa memengaruhi semua fungsi tubuh.

Sebagian orang mungkin juga harus tetap terjaga di malam hari karena bekerja. Untuk menghindari rasa kantuk biasanya mereka memilih makan camilan, tapi terkadang tidak memerhatikan nutrisinya.

Baca juga: 11 Makanan yang Bisa Cegah Kanker, Mulai Brokoli hingga Kurma 

Oleh karena itu, Anda bisa memilah makanan yang baik dikonsumsi sebelum tidur dan saat kerja malam. Hindari camilan manis, ganti dengan camilan ringan yang kaya nutrisi. Selain itu, perhatikan porsi sesuai kebutuhan Anda.

Bagi mereka yang bekerja shift malam, makanlah lebih awal sekira pukul 20.00. Lalu perbaiki dua waktu kudapan dan jangan makan sepanjang malam.

Berikut ini pilihan camilan sehat yang kaya nutrisi. Bisa Anda konsumsi sebelum tidur atau ketika kerja malam, seperti dilansir NDTV.

Camilan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur

1. Susu

Susu diperkaya nutrisi dan memiliki karbohidrat, protein, kalsium, serta fitonutrien. Ini juga mengandung triptofan yang membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Anda bisa minum sekira 200 mililiter susu sebelum tidur.

2. Kacang dan biji-bijian

Selain susu, kacang dan biji-bijian juga kaya akan nutrisi. Mengandung lemak sehat, protein, serat, dan antioksidan ini memberikan rasa kenyang dan melindungi dari penyakit tidak menular. Konsumsi 1 ons atau sekira 28–30 g kacang-kacangan dan biji-bijian dalam sehari.

Baca juga: 5 Camilan Sehat Cocok untuk Perjalanan, Jaga Tubuh Tetap Berenergi 

3. Puding wortel parut

Kudapan ini mudah dibuat hanya dengan wortel segar, sedikit ghee, dan kacang-kacangan serta gula. Wortel memberikan serat dan beta karoten sebagai antioksidan yang sangat penting, sementara puding menambah rasa kenyang. Cukup dengan satu porsi puding wortel parut dalam mangkuk kecil setiap malam.

4. Sup

Sup yang dibuat dengan sayuran segar bisa mengenyangkan dan menghangatkan tubuh. Sup juga memberi nutrisi pada sayuran yang menjadi bahan dasar dan menambahkan serat.

Camilan yang Baik Dikonsumsi saat Kerja Malam

1. Buah dengan kacang

Buah akan memberikan kalori, mineral, dan vitamin untuk membuat Anda tetap berenergi. Sedangkan kacang-kacangan dan biji-bijian menambahkan protein dan serat ke dalam makanan Anda, sehingga pelepasan energi bekerja lebih lambat dan menjaga kalori bertahan lebih lama.

2. Susu dengan kacang-kacangan dan biji-bijian

Ini adalah kombinasi sempurna yang sehat, penuh protein dan nutrisi. Susu dengan kacang-kacangan dan biji-bijian akan menjaga tubuh tetap fit dan mencegah rasa lapar.

Baca juga: Makanan Sehat untuk Jaga Imunitas di Tengah Pandemi, Apa Saja? 

3. Smoothies

Smoothies dengan kebaikan serat oat, antioksidan buah-buahan, dan protein kacang-kacangan menjadikannya camilan sehat dan mengenyangkan lainnya. Ini sangat membantu dalam menjaga energi sekaligus memberi nutrisi pada tubuh.

4. Sandwich roti multigrain

Camilan ini cukup mengenyangkan bagi pekerja shift malam. Nikmati bersama dengan teh hijau yang kaya antioksidan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini