Tips Ampuh Jaga Kesegaran Buah dan Sayuran untuk Waktu Lama

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Rabu 06 Januari 2021 12:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 06 298 2339780 tips-ampuh-jaga-kesegaran-buah-dan-sayuran-untuk-waktu-lama-4kmgID1qUr.jpg Ilustrasi sayuran. (Foto: Timolina/Freepik)

AKHIR-akhir ini di masa pandemi covid-19 setiap orang disarankan bisa menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Pasalnya kedua bahan utama ini memiliki banyak kandungan nutrisi serta sangat mudah didapatkan, sehingga tidak ada lagi alasan untuk menghindarinya.

Namun untuk produk segar seperti buah dan sayuran bisa dengan mudah membusuk serta rusak. Sebagian besar disebabkan waktu dan kondisi penyimpanan yang buruk, buah dan sayuran pun dapat dengan cepat membusuk.

Baca juga: Buah dan Sayuran Hijau Beri Banyak Manfaat Kesehatan, Ini 5 di Antaranya 

Oleh karena itu, jika Anda juga sedang mencari cara untuk menjaga agar buah dan sayuran tetap segar, ada beberapa trik mudah yang bisa dilakukan.

Mengutip dari Times of India, Rabu (6/1/2021), berikut ini tips ampuh yang bisa dilakukan terkait menjaga kesegaran buah dan sayuran untuk waktu yang lama.

Buah-buahan. (Foto: Tabrez Syed/Unsplash)

1. Bawang

Bawang akan lebih awet jika disimpan di tempat yang sejuk dan gelap. Bungkus di koran atau tempatkan di kantong kertas dengan lubang kecil. Jangan pernah menyimpan kentang dan bawang bombai bersama-sama, karena gas yang dikeluarkan oleh kentang dapat mempercepat pembusukan bawang.

2. Buah beri

Selalu cuci buah bAnda dalam larutan yang dibuat dengan menggunakan satu bagian cuka dan tiga bagian air. Baik itu stroberi, blueberry, atau raspberry, mencucinya dengan larutan ini akan membunuh bakteri yang ada pada buah. Ini akan membuat buah beri bisa tetap segar saat disimpan di lemari es.

Baca juga: 5 Sayuran dan Buah untuk Program Hamil, Yuk Simak!

3. Brokoli

Ingin menjaga kesegaran brokoli selama sebulan? Cukup bungkus brokoli sampai erat dengan menggunakan aluminium foil. Letakkan di lemari es, maka sayuran Anda akan dapat bertahan selama empat minggu dengan tampilan segar seperti baru.

4. Pisang

Trik termudah untuk mencegah pisang dari kecoklatan adalah dengan menutupinya dengan bungkus plastik. Ambil saja selembar plastik dan bungkus di sekitar area mahkota tempat semua pisang menempel.

Pisang melepaskan gas yang disebut etilen yang mematangkan buah. Karena sebagian besar gas ini dilepaskan dari batang, dengan menutupinya, proses pematangan ini akan diperlambat.

Baca juga: 5 Makanan Penambah Imunitas Tubuh dan Pencegah Virus Corona 

Sayuran. (Foto: Healththoroughfare)

5. Lemon

Menyimpan lemon di rak atau menyimpannya langsung di lemari es tidak akan membuatnya segar untuk waktu yang lama. Jika Anda menginginkan lemon yang lebih segar, yang terbaik adalah memasukkan lemon ke dalam kantong ziplock dan kemudian disimpan di lemari es. Anda juga bisa merendamnya dalam air panas selama beberapa menit sebelum digunakan untuk membuatnya lebih juicer.

6. Jahe

Cara terbaik untuk menyimpan jahe adalah dengan membungkusnya di dalam kain atau kantong kertas lalu menyimpannya di lemari es. Hal ini memastikan agar udara dan kelembapan tidak merusak jahe. Anda juga bisa mengupas atau memotongnya dan menyimpannya dalam wadah kedap udara di lemari es.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini