Tak Hanya Tempe, Makanan dan Minuman Fermentasi Ini Dapat Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Rabu 06 Januari 2021 15:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 06 298 2339929 tak-hanya-tempe-makanan-dan-minuman-fermentasi-ini-dapat-meningkatkan-fungsi-pencernaan-WDEMkyqoi6.jpg Tempe (Foto: Fermenting for Foodies)

Tempe merupakan makanan yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai. Rasanya enak, apalagi jika digoreng dan masih hangat.

Namun sebenarnya ada berbagai jenis makanan dan minuman fermentasi lainnya yang bagus bagi fungsi pencernaan seperti dilansir dari Healthline. Apa saja?

 kefir

1. Kefir

Kefir adalah sejenis produk susu yang dibudidayakan. Makanan ini dibuat dengan menambahkan biji kefir, yang terdiri dari kombinasi ragi dan bakteri ke dalam susu. Hal ini menghasilkan minuman yang kental dan tajam dengan rasa yang sering dibandingkan dengan yogurt.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kefir memiliki banyak manfaat, mulai dari pencernaan hingga peradangan hingga kesehatan tulang.

2. Tempe

Tempe terbuat dari kacang kedelai hasil fermentasi yang telah diproses. Pengganti daging berprotein tinggi ini sangat bagus dengan tekstur kenyal dan dapat dipanggang, dikukus, atau ditumis.

Selain kandungan probiotiknya yang mengesankan, tempe kaya akan banyak nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan Anda. Misalnya, protein kedelai telah terbukti membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung tertentu.

3. Natto

Natto adalah makanan probiotik pokok dalam masakan tradisional Jepang. Seperti tempe, dibuat dari kedelai yang difermentasi yang memiliki rasa sangat kuat dan tekstur yang licin.

Makanan ini mengandung jumlah serat yang baik untuk membantu mendukung kesehatan pencernaan. Natto diolah dalam tubuh tanpa dicerna sehingga menambahkan massa ke tinja untuk membantu meningkatkan keteraturan dan mengurangi sembelit.

Natto juga kaya vitamin K, nutrisi penting yang terlibat dalam metabolisme kalsium dan berperan penting dalam kesehatan tulang. Dalam sebuah penelitian yang mengamati ratusan wanita Jepang, asupan natto dikaitkan dengan pengurangan pengeroposan tulang pada mereka yang menopause.

Baca juga: Gisel Pamer Tubuh Langsing di Instagram, Netizen: Makin Kencang Mantap!

4. Kombucha

Kombucha adalah teh fermentasi yang bersoda, asam, dan beraroma. Terbuat dari teh hijau yang berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan dan pencernaan.

Penelitian menunjukkan bahwa minum kombucha dapat membantu mencegah keracunan hati dan kerusakan yang disebabkan oleh paparan bahan kimia berbahaya. Sebuah studi tabung reaksi juga menemukan bahwa kombucha dapat membantu menginduksi kematian sel kanker dan memblokir penyebaran sel kanker.

5. Miso sup

Miso adalah bumbu umum dalam masakan Jepang yang dibuat dengan memfermentasi kedelai dengan garam dan koji. Sup miso, hidangan beraroma yang terbuat dari pasta dan kaldu miso yang secara tradisional disajikan untuk sarapan.

Beberapa penelitian menemukan manfaat kesehatan yang terkait dengan miso. Dalam sebuah studi tahun 2003 yang melibatkan 21.852 wanita Jepang, mengonsumsi sup miso dikaitkan dengan risiko kanker payudara yang lebih rendah.

Sebuah studi tahun 2007 terhadap lebih dari 40.000 orang menunjukkan bahwa asupan sup miso yang lebih tinggi, dikaitkan dengan risiko stroke yang lebih rendah pada wanita Jepang. Miso juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi kesehatan jantung.

6. Kimchi

Kimchi adalah teman lauk yang populer di Korea, yang biasanya dibuat dari kubis yang difermentasi. Terkadang bisa juga dibuat dari sayuran fermentasi lainnya seperti lobak.

Kimchi memiliki manfaat baik kesehatan dan pencernaan. Selain itu juga efektif dalam menurunkan kolesterol dan mengurangi resistensi insulin.

7. Yoghurt probiotik

Yogurt dihasilkan dari susu yang difermentasi dengan bakteri asam laktat. Memiliki banyak nutrisi penting, termasuk kalsium, kalium, fosfor, riboflavin, dan vitamin B12.

Yogurt juga telah dikaitkan dengan berbagai macam manfaat kesehatan. Yogurt probiotik dapat membantu mengurangi tekanan darah, terutama pada mereka yang memiliki tekanan darah tinggi. Selain itu juga bagus untuk pencernaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini