4 Posisi Tidur Terbaik untuk Mengurangi Kram Menstruasi

Uthari Handayani, Jurnalis · Rabu 06 Januari 2021 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 06 481 2339970 4-posisi-tidur-terbaik-untuk-mengurangi-kram-menstruasi-QEmnqlB5hu.jpg Menstruasi (Foto: Istock)

Pada saat wanita memasuki masa menstruasi, tak jarang mereka mengalami gejala kram menstruasi yang bisa menyebabkan nyeri berkepanjangan dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Dalam rangka mengurangi kram tersebut salah satunya istirahat dengan tidur. Beruntung jika sakitnya hilang, tapi ketika masih terasa mungkin ada yang salah dengan posisi tidurnya.

Menurut laporan Teen Vogue, National Sleep Foundation banyak mendapatkan keluhan selama dan sesaat sebelum menstruasi yang merujuk pada keluhan kram. Memang saat datang bulan tubuh akan mengalami perubahan hormon yang mempengaruhi seberapa baik kualitas tidur wanita.

Perlu diketahui, ada beberapa posisi tidur yang bisa mengurangi kram menstruasi. Patut sekali untuk dilakukan setiap datang bulan, seperti yang berikut ini.

 tidur

1. Posisi janin

Dokter Lisa Mindley menjelaskan, tidur dengan posisi janin bisa menghilangkan tekanan dari otot perut karena itu dapat menyebabkan otot rangka di sekitar perut rileks. Semakin sedikit ketegangan di perut, semakin sedikit pula rasa sakitnya.

2. Posisi anak

Ini mirip dengan posisi janin tapi ada sedikit perbedaan. Posisi anak dilakukan dengan cara yang sama dengan tubuh yang menghadap kasur. Dokter Grossman mengatakan posisi ini efektif untuk meredakan kram menstruasi. Faktanya, yoga bisa menjadi andalan dengan beberapa gerakannya yang melipat tubuh.

3. Posisi telentang

Posisi telentang memungkinkan diri untuk memijat perut sebelum tertidur. Ini sangat mungkin untuk mengurangi nyeri dari kram menstruasi. Gunakan bantuan minyak lavender dan kayu manis untuk memijat perut. Aromanya juga dapat membuat rileks segala ketegangan tubuh.

4. Berjalan sebelum tidur

Dokter Grossman menyarankan untuk meluangkan waktu sedikit dalam meredakan kram dengan berjalan. Ini akan memungkinkan seseorang tidur lebih nyenyak di malam hari.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini