Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Masker Bedah saat di Luar Rumah?

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 06 Januari 2021 21:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 06 481 2340107 kapan-waktu-yang-tepat-untuk-ganti-masker-bedah-saat-di-luar-rumah-IsF6GFNUfG.jpg Penggunaan masker harus diganti 4 hingga 6 jam sekali (Foto : Okezone)

Pandemi Covid-19 membuat pemakaian masker jadi sama wajibnya seperti memakai setelan busana saat beraktivitas apa pun di luar rumah. Baik itu hanya pergi dengan jarak dekat atau jauh, hanya pergi sebentar maupun dalam durasi waktu yang lama.

Saat ini, sebagai protokol kesehatan wajib demi melindungi diri dan orang lain di sekitar dari paparan infeksi Covid-19. Sebagian besar masyarakat memilih masker bedah yang memang lebih memberikan perlindungan daripada masker kain biasa. Selain itu, juga karena mudah didapatkan di berbagai minimarket, apotek, supermarket dengan harga yang terjangkau.

masker bedah

Tapi jangan salah kaprah, surgical mask atau masker bedah bukan berarti bisa dipakai sepanjang hari loh! Untuk perlindungan ideal dari paparan virus corona SARS-CoV-2, nyatanya untuk pemakaian satu hari, masker bedah harus diganti.

“Masker beda tidak boleh digunakan lebih dari empat hingga enam jam,” ujar Dr Arvind Kumar, Chairman dari Institute of Chest Surgery, Chest Onco Surgery & Lung Transplantion, seperti dikutip Timesofindia, Rabu (6/1/2021).

Ini artinya, dengan perhitungan seseorang bisa beraktivitas di luar rumah selama 12 jam dalam satu hari, maka saat keluar rumah harus membawa setidaknya dua masker bedah baru untuk penggantian masker bedah lama yang dipakai di wajah begitu keluar rumah.

Baca Juga : Masker Tidak Berfungsi Jika Terpapar Air Hujan, Kenapa?

Dengan catatan tanpa dibuka untuk makan dan minum di luar. Sebab, sebagaimana dijelaskan Dr Navneet Kaur, dokter umum di Apollo Spectra Hospital, Delhi, India. Begitu masker dibuka untuk makan dan minum, maka setelah makan dan minum masker tersebut harus diganti dengan masker yang baru.

“Saya pernah melihat bahwa orang yang memakai masker kain, melipatnya dan menyimpannya di saku setelah melepas masker dan ini tindakan yang salah. Saat Anda makan di luar, lepaskan tali masker dengan tangan yang sudah dibersihkan, lipat masker dengan hanya menjaga permukaan luar yang terbuka dan simpan masker di dalam kantong kedap udara. Tidak boleh juga meletakkan masker di pangkuan, karena bisa mencemari masker itu sendiri,” imbuh Dr Navneet.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini