Air Beras Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaatnya untuk Kulit Wajah

Adella Christyanti, Jurnalis · Kamis 07 Januari 2021 05:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 06 481 2340158 air-beras-jangan-dibuang-ini-5-manfaatnya-untuk-kulit-wajah-6LpkEhCN2v.jpg Air beras memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah. (Foto: Indianexpress)

AIR beras ternyata bisa memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan kulit wajah. Sementara selama ini belum banyak orang yang mengetahui manfaat air beras untuk kulit wajah.

Jika Anda selalu membuang air bekas cucian beras, mulai sekarang pertimbangkan kembali kebiasaan tersebut. Pasalnya, air yang dianggap kotor ini sebenarnya sangat baik untuk kecantikan kulit wajah.

Baca juga: Air Beras Bisa Jaga Kesuburan Rambut Lho 

Dilaporkan, air beras kaya akan kandungan gamma-oryzanol yang diketahui mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Maka itu, tidak mengherankan bila air beras banyak dijadikan sebagai bahan dasar kosmetik.

Nah, kali ini Okezone akan berbagi manfaat air beras untuk wajah. Penasaran? Berikut ini pemaparannya, seperti dilansir Healthline.

Air bekas cucian beras untuk kesehatan kulit wajah

1. Mencerahkan kulit

Mencuci wajah menggunakan air beras diketahui mampu mencerahkan kulit. Hal ini karena kandungan gamma-oyzanol pada air beras dapat membuat kulit wajah tampak lebih cerah.

2. Mencegah penuaan dini

Mencuci wajah menggunakan air beras diyakini dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Kandungan vitamin E dalam air beras dilaporkan mampu menghambat proses penuaan dini.

Baca juga: Pemerintah Pusat Batasi Kegiatan Warga Jawa-Bali, Ariza: Searah yang Dilakukan DKI

3. Mencegah kulit kering

Air beras diketahui membantu iritasi kulit yang disebabkan oleh sodium laurel sulfate (SLS), bahan yang ditemukan di banyak produk perawatan pribadi. Bukti anekdotal menunjukkan bahwa menggunakan air beras dua kali sehari membantu kulit yang telah kering dan rusak akibat SLS.

4. Mengatasi jerawat

Pati yang terdapat dalam air beras diyakini mampu mengatasi jerawat. Selain itu, pati dalam air beras ini juga bermanfaat sebagai obat alami untuk mengatasi eksim atopic. Meski begitu, efektivitasnya masih belum jelas dan masih dibutuhkan penelitian untuk memastikan manfaat ini.

Baca juga: Ini Cara Menggunakan Air Rebusan Beras untuk Turunkan Berat Badan 

5. Perlindungan kerusakan akibat sinar matahari

Bahan kimia yang terkandung dalam beras telah terbukti membantu melindungi kulit dari sinar matahari. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa itu adalah tabir surya yang efektif bila dikombinasikan dengan ekstrak tumbuhan lain.

Air beras

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini