5 Kebiasaan yang Tak Disadari Dapat Merusak Kuku

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Rabu 06 Januari 2021 12:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 06 611 2339781 5-kebiasaan-yang-tak-disadari-dapat-merusak-kuku-Q2qTMkSQzp.jpg Merawat kuku (Foto: Harper's Bazaar)

Pasti Anda merasa heran, padahal sudah merawat kuku dengan maksimal, tetapi masih saja rusak? Meskipun sudah dirawat, mungkin Anda tak menyadari telah melakukan hal-hal yang dapat merusak keindahan kuku tersebut.

Untuk mendapatkan kuku yang cantik dan sehat, memang perlu perawatan. Namun, Anda juga perlu menghindari berbagai penyebab kuku rusak.

Berikut ini kebiasaan sehari-hari yang tidak Anda ketahui ternyata dapat merusak kuku, dilansir dari The Healthy.

membiarkan cat kuku terlalu lama

1. Membiarkan cat kuku terlalu lama

Meskipun tampak tidak berbahaya menggunakan cat kuku hingga terkelupas pada kuku Anda, namun akan lebih sehat jika Anda menghapusnya. "Bahaya jika cat kuku terlalu lama menempel dikuku karena pigmen dalam cat kuku dapat meresap ke dalam beberapa lapisan atas kuku dan mengeringkannya," kata Pakar Kaki Joy Rowland, DPM di Cleveland Clinic.

Ingatlah hal ini, terutama cat kuku pada kaki yang sering terlupakan banyak wanita. Dr. Rowland menyarankan untuk menghindari perawatan cat kuku secara berurutan. Sebaliknya, biarkan kuku bernapas selama satu atau dua minggu.

2. Tidak mencuci tangan dangan bersih

Meskipun mencuci tangan beberapa kali sehari, apakah Anda mencuci tangan hingga ke bagian kuku Anda? Mengabaikan kuku selama mencuci tangan dapat menyebabkan penumpukan bakteri di bawahnya sehingga ujung jari kemungkinan terjadi infeksi. Cuci tangan dengan sikat kuku bersih setidaknya sekali sehari.

3. Menggunakan kuku untuk membuka tutup

Jangan pernah menggunakan kuku Anda untuk membuka kaleng soda atau lainnya. Gunakan sendok sebagai gantinya. Jangan pula mencungkil selotip, mengikis label harga, atau melakukan hal-hal semacam itu menggunakan kuku.

4. Mencuci tangan tanpa sarung tangan

Kuku mengembang di air sehingga menyebabkan kuku terkelupas dan bantalan kuku melemah. Selain itu, sabun cuci piring bisa mengeringkan kulit dan kuku. Pakailah sarung tangan untuk melindungi tangan Anda saat mencuci piring dan gelas.

5. Melewatkan sayuran

Kuku mencerminkan makanan yang Anda makan. Makanan tinggi zat besi, seperti telur, bayam, daging merah, dll dapat memperkuat kuku. Untuk kuku yang lebih sehat, tambahkan dua sendok makan minyak biji rami ke dalam sarapan Anda setiap pagi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini