5 Tanda Anda Sudah Mendapatkan Berat Badan Ideal

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 06 Januari 2021 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 06 611 2340001 5-tanda-anda-sudah-mendapatkan-berat-badan-ideal-z6OsQhOmX4.jpg Berat badan ideal (Foto: Inst Kylie )

Dalam hal kesehatan dan kebugaran, menurunkan berat badan adalah salah satu agenda penting jika kelebihan berat badan. Meskipun demikian, Anda harus ekstra hati-hati dalam menjaga berat badan yang sehat.

Menurunkan berat badan saat tidak perlu, malah dapat menurunkan kekebalan dan membuat Anda sakit. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tanda yang akan memberi tahu Anda bahwa Anda sudah mencapai berat badan ideal, sebagaimana dilansir Times of India.

 berat badan ideal

1. Anda merasa puas dengan penampilan

Salah satu tanda paling jelas yang menunjukkan bahwa Anda berada pada berat badan ideal adalah kenyataan bahwa Anda bahagia dan sehat dengan penampilan Anda.

Menghitung atau mengukur berat badan Anda menurut BMI bisa membantu tetapi tidak terlalu akurat. Itulah sebabnya, para ahli menyarankan untuk memercayai suasana hati Anda dalam hal berat badan.

2. Dapat menjaga detak jantung istirahat Anda

Denyut jantung istirahat Anda, yang merupakan frekuensi detak jantung Anda per menit saat Anda istirahat, dapat memberi tahu Anda banyak hal tentang berat badan Anda. Denyut jantung istirahat yang rendah berarti jantung Anda bekerja secara efisien.

Namun, detak jantung istirahat yang lebih tinggi dapat mengindikasikan masalah kesehatan. Kisaran yang sehat adalah 60 hingga 100 detak per menit, di mana angka yang lebih rendah menunjukkan kesehatan fisik yang lebih baik.

3. Lingkar pinggang Anda normal

Lemak perut dan lingkar pinggang yang berlebihan bisa berarti banyak hal. Ini dapat mengindikasikan obesitas, risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan masalah kardiovaskular.

4. Anda mencapai berat badan yang stabil

Jika berat badan Anda stabil dan Anda merasa lebih baik dari sebelumnya, itu berarti tubuh Anda sudah ideal dan tidak perlu menurunkan berat badan lagi.

Berat badan ideal adalah angka yang bisa Anda pertahankan tanpa banyak batasan dan jika berat badan Anda tetap konstan untuk sementara waktu, itu menunjukkan bahwa tubuh Anda bahagia dengan beratnya saat ini. Jika Anda memiliki berat badan yang sehat, Anda tidak terus-menerus turun atau bertambah.

5. Anda sudah mengikuti gaya hidup sehat

Kunci untuk mempertahankan berat badan yang sempurna adalah dengan mengikuti gaya hidup sehat dan makan makanan yang tepat. Jika Anda sudah melakukan ini, wajar saja untuk berasumsi bahwa Anda sudah memiliki berat badan ideal.

Terkadang, menjadi sehat bukan berarti menurunkan berat badan, karena massa otot pun dapat menambah beberapa kilogram tubuh Anda. Tapi itu tidak berarti Anda kelebihan berat badan atau tidak sehat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini