Selain Kopi, Yuk Cobain 5 Minuman Sehat Ini untuk Awali Pagimu

Iman Firmansyah, Jurnalis · Kamis 07 Januari 2021 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 298 2340494 selain-kopi-yuk-cobain-5-minuman-sehat-ini-untuk-awali-pagimu-6VLGZr289f.jpg Minuman air lemon bisa jadi pengganti kopi di pagi hari. (Foto: Jcomp/Freepik)

BEBERAPA orang mengawali pagi hari dengan menyeruput kopi. Pasalnya, diyakini dengan meminum kopi bisa meningkatkan semangat tubuh.

Namun terlalu banyak atau sering minum kopi ternyata tidak baik untuk kesehatan tubuh, sebab adanya kandungan kafein. Ini bisa memunculkan beberapa kondisi seperti gugup, diare, hingga keringat berlebih.

Baca juga: Beberapa Jenis Teh Ini Bisa Perkuat Daya Tahan Tubuh 

Tapi tenang saja, karena ada sejumlah minuman sehat yang bisa menggantikan peran kopi di pagi hari. Anda dapat menghindari kopi dan mencoba beberapa minuman lainnya yang jauh lebih enak dan sehat.

Apa saja minuman itu? Berikut ini daftarnya, seperti dirangkum dari Boldsky, Kamis (7/1/2021).

1. Air lemon

Minum air lemon setiap hari diyakini memiliki efek positif pada ginjal dan kesehatan jantung. Kemudian bisa membantu mengurangi peradangan serta meningkatkan tingkat energi dan kekebalan tubuh.

Teh matcha

2. Teh matcha

Teh matcha kaya akan antioksidan alami dan mulai banyak diminati banyak orang akhir-akhir ini sehingga banyak produk minuman yang berbahan matcha seperti latte atau teh. Matcha dikenal memiliki rasa simpel yang segar.

Baca juga: 5 Manfaat Susu, Kaya Nutrisi hingga Cegah Kenaikan Berat Badan 

3. Teh hitam

Teh hitam memiliki rasa yang lebih kuat dan mengandung lebih banyak kafein daripada teh lainnya, tetapi memiliki lebih sedikit kandungan kafein daripada kopi. Teh hitam kaya akan antioksidan dan dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

4. Teh peppermint

Minum teh peppermint secara teratur dapat melindungi tubuh Anda dari beberapa masalah kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa teh mint dapat meningkatkan pencernaan hingga menyembuhkan sakit kepala, mual, dan diare.

Baca juga: Ketahui Manfaat dan Cara Membuat Jus Seledri di Rumah 

5. Susu emas

Minuman ini berwarna emas ini akibat campuran antara susu dan kunyit. Minuman ini kaya akan antioksidan dan telah terbukti bermanfaat untuk mengurangi peradangan, menurunkan kadar gula darah, memperbaiki suasana hati, serta meningkatkan fungsi memori hingga otak.

Minuman kunyit

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini