Pergi ke Gym Selama Pandemi, Jangan Lupa Terapkan Protokol Kesehatan!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 07 Januari 2021 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 612 2340468 pergi-ke-gym-selama-pandemi-jangan-lupa-terapkan-protokol-kesehatan-oXaDY6SCfb.jpg Pergi ke gym (Foto: The Conversation)

Kita semua tahu pentingnya tetap aktif secara fisik meski di tengah pandemi. Tapi yang sering kita lupakan adalah aturan kebersihan dasar yang harus kita ikuti saat melakukan olahraga apa pun.

Mengikuti kebersihan yang benar membantu Anda menjauh dari kuman dan penyakit, yang merupakan kebutuhan khusus saat ini. Berikut protokol kesehatan yang harus diikuti setiap orang sebelum dan sesudah latihan.

 olahraga

1. Jangan gunakan kaus Anda untuk menyeka keringat

Kita semua melakukan itu, menyeka keringat menggunakan lengan baju. Tetapi seseorang tidak boleh melakukan itu. Gunakan hanya handuk kering untuk menyeka wajah.

Ini mengurangi kemungkinan transfer kuman dan virus dari kaos ke wajah Anda (mulut, hidung dan mata). Karena itu, jangan lupa untuk membawa handuk saat Anda berolahraga di lain waktu.

2. Bersihkan peralatan sebelum dan setelah berolahraga

Baik Anda berolahraga di rumah atau di gym, ikuti aturan ini untuk membersihkan peralatan sebelum dan sesudah berolahraga. Ini karena kuman suka mengintai peralatan olahraga yang berkeringat, yang sebenarnya tidak Anda inginkan.

Anda dapat menggunakan semprotan pembersih atau tisu basah antibakteri untuk membersihkan peralatan sebelum dan sesudah digunakan.

 

3. Jangan berbagi peralatan

Sejak awal pandemi Covid-19, berbagi peralatan olahraga bukanlah hal yang baik untuk kesehatan. Berbagi barang-barang pribadi Anda seperti handuk, earphone, botol dapat mentransfer bakteri, ragi, dan jamur dari satu orang ke orang lain. Jadi, ingatlah untuk tidak membagikan milik Anda kepada orang lain.

 

4. Cuci tangan Anda sampai bersih

Tidak mencuci tangan meningkatkan kemungkinan terkena kuman dan bakteri. Pastikan untuk mencuci tangan dengan baik selama 20 detik. Jika tidak ada bekal untuk mencuci tangan, maka Anda bisa menggunakan hand sanitizer dengan alkohol 60 persen.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini