6 Kegunaan Lain Sampo Bayi, Buat Cuci Muka Sampai Mengepel Lantai

Uthari Handayani, Jurnalis · Kamis 07 Januari 2021 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 612 2340474 6-kegunaan-lain-sampo-bayi-cuci-muka-sampai-mengepel-lantai-TPJIQWayK1.jpg Ilustrasi sampo bayi. (Foto: Freepik)

SAMPO bayi memang dibuat khusus sebagai pembersih yang lembut dan berformulasi tidak perih di mata. Ini jelas disesuaikan dengan kondisi kulit bayi yang baru lahir.

Dikarenakan memiliki tingkat keamanan yang baik dalam hal membersihkan, ternyata sampo bayi juga bisa dipakai dalam beberapa keperluan di rumah.

Baca juga: Studi: Penggunaan Obat Kumur 30 Detik Melumpuhkan Virus Corona 

Apa saja kegunaan lain sampo bayi tersebut? Berikut ini penjelasannya, seperti dirangkum dari The Healthy, Kamis (7/1/2021).

1. Mencuci muka

Jika sampo ini cukup lembut untuk kepala bayi, maka lembut juga untuk kulit orang dewasa. Dermatologis bahkan sering menganjurkannya kepada penderita eksim mencuci mukanya dengan sampo bayi setiap hari.

Sampo. (Foto: Freepik)

2. Mengobati radang mata ringan

Menurut National Eye Institute, mata merah dan gatal atau blepharitis adalah kelainan mata umum yang disebabkan oleh bakteri. Perawatannya termasuk menjaga kelopak mata tetap bersih. Oleskan kompres hangat untuk menyeka kotoran mata, lalu gosokkan perlahan kelopak mata dengan campuran air dan sampo bayi.

Baca juga: Ini 5 Penyebab Paling Umum Gemetar Setelah Olahraga 

3. Membersihkan perhiasan imitasi

Produsen perhiasan, Stella and Dot, menyarankan penggunaan sampo bayi untuk membersihkan perhiasan imitasi. Campurkan satu tetes sampo bayi dan air, lalu aplikasikan menggunakan korek kuping. Kemudian bilas dengan air dingin dan segera keringkan.

4. Mengepel lantai

Saat memutuskan mengurangi penggunaan bahan kimia keras saat membersihkan rumah, cobalah ganti dengan sampo bayi. Banyak perusahaan pembersih lantai menyarankan ini. Campurkan satu hingga dua sendok makan sampo bayi dengan satu galon air. Walaupun lembut, sampo ini tetap bisa menghilangkan minyak dan membersihkan tanpa residu.

Baca juga: Mengenal Aneurisma Otak, Sakit yang Diidap Rapper Dr Dre 

Sampo. (Foto: Mrsiraphol/Freepik)

5. Membersihkan furnitur berbahan kulit

Para ahli di Saddleback Leather Co mengatakan, "Sampo bayi yang dicampur dengan air hangat bagus untuk membersihkan bahan kulit." Oleskan campuran setetes sampo bayi dengan air hangat menggunakan kain. Kemudian gosok sampai kering.

6. Membersihkan kuas makeup

Kuas makeup yang kotor bisa menumpuk kuman dan bakteri. Menurut Academy of Dermatology, hal ini dapat mengganggu kesehatan kulit yang memicu munculnya ruam dan jerawat. Maka itu, mereka merekomendasikan untuk mencuci kuas makeup setiap kali habis pakai dengan campuran air dan sampo yang lembut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini