Hobi Olahraga Bola Basket? Yuk Kenali Manfaatnya untuk Kesehatan dan Sosial

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Kamis 07 Januari 2021 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 612 2340599 hobi-olahraga-bola-basket-yuk-kenali-manfaatnya-untuk-kesehatan-dan-sosial-l6uEFzs367.jpg Olahraga bola basket. (Foto: Marymarkevich/Freepik)

OLAHRAGA bola basket cocok dimainkan berbagai kalangan dan usia. Berkat popularitasnya di seluruh dunia, basket hingga kini menjadi salah satu olahraga terfavorit di dunia.

Tujuan utama dalam olahraga bola basket adalah untuk mencetak poin dengan memasukkan bola ke ring. Pemain dituntut menerapkan strategi pertahanan untuk mencegah tim lain mencetak angka, kemudian menyerang balik untuk meraih poin.

Baca juga: Ini 5 Penyebab Paling Umum Gemetar Setelah Olahraga 

Namun, masih banyak yang belum menyadari apa keuntungan bermain olahraga bola basket, khususnya untuk kesehatan. Manfaat yang paling fantastis adalah untuk mendapatkan kekuatan, koordinasi, dan ketahanan otot.

Lalu apa lagi manfaat olahraga bola basket? Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip dari Healthline, Kamis (7/1/2021).

Tim Basket Putra Indonesia. (Foto: IBL)

Manfaat untuk Kesehatan:

1. Memperkuat daya tahan otot

Bermain bola basket membutuhkan ketangkasan, kekuatan, dan stamina. Anda harus dengan cepat bergerak kemudian mengubah arah menggunakan kontraksi otot intensitas tinggi berdurasi pendek.

Anda juga membutuhkan daya tahan otot untuk berulang kali memberikan kekuatan di waktu yang lama. Anda dapat meningkatkan ketahanan otot dengan bermain bola basket dan melakukan latihan untuk membangun kekuatan tubuh bagian bawah dan atas.

Anda juga bisa fokus untuk memperkuat otot inti dan punggung. Ini akan berdampak positif pada stamina, energi, level, dan kinerja Anda.

2. Membangun tulang yang sehat

Melakukan olahraga tim, seperti bola basket, dapat memberikan manfaat kesehatan fisik dan mental yang baik. Berdasarkan penelitian pada 2018, melakukan olahraga tim memiliki efek positif pada kekuatan tulang.

Orang yang bermain bola tangan dan sepakbola terbukti memiliki kepadatan mineral tulang yang lebih banyak daripada mereka yang tidak banyak bergerak.

Baca juga: 4 Tips Aman dan Nyaman yang Banyak Dilupakan saat Bersepeda 

3. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi

Bermain bola basket mengharuskan Anda mengembangkan koordinasi tangan-mata dan kaki saat menjaga keseimbangan selama bergerak. Ketika bermain, Anda perlu menggerakkan tubuh dengan cepat dan juga saat melompat, berputar, atau mengubah arah.

Bola basket mengharuskan Anda menggunakan keterampilan motorik seperti menembak, mengoper, dan menggiring bola. Mempertahankan tubuh yang kuat akan membantu Anda melakukan semua gerakan ini dengan lebih mudah.

4. Keterampilan gerakan dasar

Bermain bola basket menawarkan kesempatan kepada remaja untuk mengembangkan keterampilan motorik yang diperlukan untuk perkembangan. Penelitian pada 2018 menunjukkan keefektifan bola basket dalam meningkatkan keterampilan gerakan dasar yang perlu dipelajari sejak anak-anak.

Bermain bola basket membantu meningkatkan koordinasi motorik, fleksibilitas, dan daya tahan. Hal ini dapat mendorong kecepatan, kelincahan, dan kekuatan.

Keterampilan tersebut terbukti memiliki efek positif dalam meningkatkan berat badan yang sehat dan mendorong lebih banyak aktivitas fisik yang dapat meningkatkan kebugaran dan kardiorespirasi.

Baca juga: Olahraga Sepeda Statis vs Bersepeda di Jalanan, Mana Lebih Sehat? 

Olahraga bola basket

5. Memperbaiki komposisi tubuh

Dalam studi pada 2018, para peneliti menemukan bahwa bermain bola basket memiliki efek positif pada komposisi tubuh secara keseluruhan. Dalam penelitian ini, pria yang tidak terlatih menjalani 3 bulan olahraga bola basket jalanan, memiliki efek positif pada kebugaran dan komposisi tubuh secara keseluruhan. Setelah pelatihan, para pria meningkatkan massa tubuh tanpa lemak dan menurunkan persentase lemak tubuh.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Aktivitas fisik secara teratur membantu meningkatkan kesehatan jantung dan tingkat kebugaran secara keseluruhan. Menurut penelitian pada 2019, olahraga bola basket meningkatkan detak jantung yang memiliki efek positif pada kebugaran kardiorespirasi. Ini terkait dengan kemungkinan lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular pada seseorang.

7. Menurunkan stres

Terlibat dalam aktivitas fisik melepaskan endorfin, yang merupakan hormon perasaan-senang, atau kebahagiaan. Endorfin dapat meningkatkan mood Anda, meningkatkan relaksasi, dan mengurangi rasa sakit.

Endorphin juga dapat mengurangi depresi, meningkatkan harga diri, dan meningkatkan kinerja kerja Anda. Bermain bola basket juga akan membantu Anda mengasah kemampuan konsentrasi dengan tetap fokus pada permainan.

Ini juga dapat membantu Anda mengembangkan kesadaran atau perhatian saat ini. Alat-alat ini mungkin efektif untuk membantu mengatasi kecemasan di bidang lain dalam hidup Anda.

Manfaat Sosial:

1. Mendorong semangat tim

Bermain bola basket membantu menumbuhkan rasa kebersamaan dan kerja tim. Anda mungkin memiliki kesempatan untuk berinteraksi secara positif dengan orang-orang dari latar belakang berbeda yang dapat memperluas perspektif Anda. Selain itu, Anda akan belajar bermain dengan sportif.

2. Mengembangkan keterampilan komunikasi

Saat berinteraksi dengan rekan satu tim, Anda mungkin mempelajari cara baru untuk berkomunikasi secara verbal dan nonverbal. Anda akan memiliki kesempatan untuk berbicara dengan rekan satu tim Anda dan mendengarkan apa yang mereka katakan. Keterampilan komunikasi yang positif akan membawa manfaat bagi kehidupan atletik, pribadi, dan profesionalitas Anda.

Baca juga: Tak Mau Tenaga Habis saat Sepedaan? Ini Makanan yang Harus Dikonsumsi 

Olahraga bola basket

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini