4 Tips Penuhi Kebutuhan Nutrisi kala Bersepeda

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Kamis 07 Januari 2021 21:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 612 2340724 4-tips-penuhi-kebutuhan-nutrisi-kala-bersepeda-WZtaT7RQii.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

AKTIVITAS bersepeda memang tengah digemari banyak orang. Bahkan, beberapa artis dan influencer pun nampak membagikan postingan mereka tengah bersepeda.

Tapi, layaknya olahraga pada umumnya, sebaiknya sebelum memulai aktivitas bersepeda kita melakukan pemanasan. Selain itu, kita sebaiknya mengonsumsi makanan yang praktis dengan kandungan gula alami yang tepat, dengan nilai glikemik yang ideal.

Clinical Dietitian & Sport Nutritionist Strive Indonesia Emilia E. Achmadi MS., RDN mengatakan, dengan mengonsumsi makanan maka tidak hanya mengenyangkan tetapi dapat mempertahankan kekuatan selama berolahraga dan tidak mudah habis tenaga.

"Tapi hindari mengonsumsi makanan berat dan berkadar gula/kadar glikemik terlalu tinggi karena dapat mengakibatkan gangguan pencernaan dan sugar crash," tutur dia seperti dilansir dari keterangan Decathlon.

sepeda

Nah, berikut tips penuhi kebutuhan nutrisi sebelum, saat, dan sesudah bersepeda ala Strive

1. Sebaiknya mengonsumsi makanan yang lengkap setidaknya tiga jam sebelum mulai bersepeda. Makanan ini sebaiknya mengandung karbohidrat kompleks seperti roti gandum atau nasi merah dan protein rendah lemak seperti ayam panggang dan dilengkapi dengan sayuran

2. Untuk makanan yang dikonsumsi sejam sebelum berolahraga, pilih makanan yang praktis untuk dimakan dan dicerna dan mengandung karbohidrat dan protein. Untuk menghindari gangguan pencernaan selama berolahraga.

3. Saat bersepeda sebaiknya hindari mengonsumsi makanan berat dan berkadar gula tinggi karena dapat mengganggu proses pencernaan dan menyebabkan perut kembung.

4. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan air minum untuk menghindari dehidrasi. Berapa banyak sangat tergantung dari kebutuhan tubuh masing-masing dan berapa banyak keringat yang diproduksi. Kombinasikan dengan cairan isotonik apabila Anda berkeringat dan melakukan aktivitas lebih dari 1 jam.

Biasakan untuk mengukur berat badan sebelum dan sesudah bersepeda. Perbedaannya dalam kilogram adalah jumlah air yang Anda harus konsumsi dalam liter secara bertahap.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini